4 Hal Mendasar Saat Memberikan Materi Kepada Anak PAUD/TK

KakZepe.Com – Anak-anak adalah pribadi yang aktif. Bila kita ajak mereka untuk mendengarkan pelajaran, mungkin hanya bisa fokus 5 hingga 10 menit. Bila sudah lebih dari 10 menit, biasanya sebagian dari mereka akan bergerak-gerak, memainkan jarinya, memandang ke arah hal-hal yang lebih menarik lainnya, atau bahkan mulai mengganggu temannya. Sehingga bukan salah anak-anak didik kita juga bila suasana kelas menjadi tidak tertib lagi. Bila kita belum memahami karakter belajar mereka, bukan tidak mungkin kita pun akan mengalami hal ini. Kita tidak boleh menyamakan mereka dengan siswa berusia remaja yang lebih bisa fokus mendengarkan penjelasan guru dari 30 hingga 60 menit. Sebagai pendidik anak usia dini, tentu kita perlu memahami karakter anak terutama dalam hal memperlajari sesuatu. Apa saja itu?

1. Cara belajar siswa aktif

Dengan melibatkan anak secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, mereka pun akan semakin tertantang untuk bisa mengembangkan aspek ketrampilan, pengetahuan, dan kemampuan mereka. Misalnya, di saat kita mengajarkan mereka cara menanam tanaman. Kita hanya perlu mengajarkan teorinya secara sekilas dan tempo yang sesingkat-singkatnya. Selanjutnya, biarkan anak-anak mempraktekkannya secara langsung dengan bimbingan kita. Dengan melibatkan anak secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, anak-anak akan menjadi semakin tertantang. Hal ini bisa menghapus rasa bosan mereka.

2. Mandiri dalam proses pembelajara

Sebagai pendidik, kita perlu memahami kemampuan anak-anak didik kita. Dengan memahami kemampuan mereka, maka kita akan semakin memahami seberapa besar bantuan yang kita berikan. Sehingga anak-anak akan merasa senang karena bisa belajar bersama kita, tanpa meninggalkan aspek kemandirian mereka. Sebagai pendidik, kita tidak perlu menuntut hasil yang sempurna. Karena yang mereka butuhkan bukanlah hasil yang sempurna, namun ilmu yang mereka dapatkan dari proses belajar yang mereka lakukan dan hal-hal yang perlu mereka perbaiki saat membuat suatu karya atau dalam proses

3. Membutuhkan benda yang nyata

Hanya dengan membaca buku, orang dewasa akan mampu memahami sesuatu dan mudah mengingat apa yang mereka pelajari. Berbeda dengan anak-anak. Mereka adalah pribadi yang baru lahir ke dunia. Mereka membutuhkan sesuatu yang nyata, supaya mereka tidak hanya menggunakan imajinasi mereka dalam mengenal apalagi mengingat sesuatu. Saat kita hendak mengenalkan nama-nama buah, menunjukkan gambar-gambar buah tidaklah cukup, kita perlu menunjukkan buah-buah yang nyata.

4. Cara belajar yang melibatkan panca indera

Ada lima indera yang dimiliki manusia, yaitu penglihatan, peraba, pendengar, pencium, dan pengecap. Semakin banyak melibatkan indera dalam proses pembelajaran, maka anak-anak akan semakin lama mengingat materi pelajaran yang kita ajarkan. Misalnya saat kita mengajarkan anak-anak tentang macam-macam sayur. Biarkan anak-anak mendengarkan nama-nama sayur-sayur yang kita sebutkan. Lalu kita bisa memina mereka melihat, meraba, mencium, dan bahkan merasakan atau mengicipi beberapa jenis sayur yang kita perkenalkan kepada anak-anak didik. Hal ini akan membuat long term memory (daya ingat jangka panjang) mereka semakin aktif.

Denganr mengajak anak bernyanyi sambil belajar, kita juga telah melatih anak menggunakan banyak indera mereka. Salah satu lagu menarik untuk mengajar berjudul “LISTEN AND DO” karya Kak Zepe di bawah ini:


Bagaimana pun anak-anak adalah pribadi yang gemar belajar. Bukan hanya belajar untuk mengasah otak mereka, namun juga kepribadian mereka, serta fisik mereka. Hal inilah yang menjadi landasan pokok terciptanya 4 karakter belajar anak. Dengan melibatkan anak secara aktif, memberikan kesempatan anak belajar secara mandiri, menggunakan panca indera, serta meunjukkan benda-benda yang nyata dalam proses pembelajaran, maka pembelajaran pun akan menjadi lebih efektif, berkualitas, dan menyenangkan.

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 1 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 1

One Response

  1. […] 4 Hal Mendasar Saat Memberikan Materi Kepada Anak PAUD/TK […]

Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.