5 Langkah Mengatasi Anak Didik yang Depresi

KakZepe.Com – Perubahan drastis pernah saya temui di sekolah tempat saya mengajar. Ia yang biasanya terlihat sangat bersemangat dan ceria, berubah menjadi anak yang pendiam dan pemurung. Ada indikasi bahwa ia sedang mengalami depresi. Ada banyak sekali penyebab anak mengalami depresi. Bisa karena masalah yang terjadi di dalam keluarga, masalah dengan teman, tuntutan pelajaran di sekolah yang terlalu tinggi, dan masih banyak lagi. Memerlukan langkah-langkah khusus untuk membantu anak yang sedang mengalami depresi.

1. Melakukan pendekatan

Pendekatan awal bisa kita lakukan dengan cara memberikan perhatian padanya secara lebih. Misalnya kita memuji hasil karyanya, cara berpakaiannya, sepatu barunya, atau hal-hal yang menarik lainnya. Kita juga perlu lebih aktif menyapa dan menanyakan kabarnya.

2. Membantu menenangkan hatinya agar merasa nyaman

Anak yang mengalami depresi akan terlihat serius dalam menghadapi suatu masalah. Misalnya diajak bercanda sama teman, namun ia malah menanggapinya dengan cara marah-marah. Hal ini dikarenakan syaraf-syarafnya terlalu tegang, sehingga membuat hatinya menjadi sangat sensitive. Kita bisa mengajak anak bermain bersama, menjaga suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan, atau mengajak anak lain untuk bermain bersama anak yang mengalami depresi itu.

3. Membuatnya terbuka

Setelah anak merasa dekat, nyaman, dan terlihat lebih rileks, kita bisa mengajaknya untuk mengobrol dan terus memancingnya agar bersedia menceritakan masalah yang sedang ia hadapi. Agar anak bersedia jujur, kita bisa memancingnya dengan pertanyaan yang umum dan tidak menjurus ke masalah pribadi. Misalnya: “Bagaimana kabar ayah? Bagaimana kabar ibu? Bagimana dengan pelajaran di sekolah, ada kesulitan?” Setelah anak menjawab dan mau terbuka di saat inilah kita harus siap mendengar segala keluh kesahnya. Bila itu adalah masalah yang berat dan sulit diatasi, kita cukup menjadi pendengar saja atau berbicara yang seperlunya saja.

4. Memotivasi

Setelah kita memahami permasalahan yang ia hadapi kita bisa memotivasinya dengan meyakinkan dirinya bahwa ia bisa mengatasi permasalahannya. Beberapa anak mungkin masih tertutup untuk bisa mengungkapkan permasalahan yang ia hadapi. Namun bila kita bisa mendekatinya dan ia merasa nyaman, kita pun bisa menyemangatinya dengan memberikan kata-kata positif, misalnya “Kebahagiaan itu pilihan. Bila kamu memutuskan kamu mau bahagia hari ini, hari ini pun pasti kamu akan bahagia.” Atau bisa dengan mengatakan,”Dengan tersenyum, kamu telah selangkah mengatasi masalahmu.” Kadang untuk membantu seorang anak mengatasi masalahnya tidak harus fokus pada masalah yang ia hadapi, namun lebih pada membangkitkan semangatnya kembali dan menguatkan mentalnya. Karena pada dasarnya tidak ada masalah yang berat, hanya saja kemampuan seseorang dalam menghadapi permasalah beda-beda dan cara pandang seseorang dalam menghadapi suatu permasalahn juga berbeda-beda. Dengan menguatkan mentalnya, serta mengarahkan pikiran anak pada hal-hal yang positif akan sangat membantu anak dalam menghadapi masalah-masalahnya.

Mmeotivasi anak bisa dengan lagu. Salah satunya dengan lagu anak SETIAP HARI INDAH


  1. Membangkitkan kepercayaan diri anak

Bila anak sudah mulai terlihat lebih ceria, kita harus memberikan dukungan aktif padanya. Sapaan-sapaan, perhatian, pujian atas segala perkembangannya masih perlu kita berikan padanya. Anak-anak yang baru saja mengalami depresi biasanya membutuhkan dukungan dari orang-orang di sekitarnya untuk bisa bangkit kembali. Kita bisa memberikan penghargaan padanya tentang perkembangan yang ia tunjukkan. Anak yang mengalami depresi biasanya akan menjadi kurang aktif memberikan tanggapan saat pembelajaran berlangsung. Maka kita bisa memberikan penghargaan berupa sertifikat bertuliskan, “Selamat kepada (tuliskan nama), anda mendaptkan penghargaan karena telah menunjukkan peningkatan dalam hal keaktifan menjawab pertanyaan guru”. Atau kita bisa memberikan kejutan-kejutan bersama teman yang lain saat ia berulang tahun.

Demikian langkah-langkah yang bisa kita pakai untuk membantu anak dalam mengatasi permasalahnnya, terutama saat anak mengalami depresi. Bila masalah yang ia hadapi terlalu berat, kita bisa memohon bantuan dari orang tua. Bagaimana pun orang tua juga perlu mengetahui permasalahan yang sedang dihadapi anak, terutama saat ia berada di sekolah. Dukungan dari guru, teman-teman, dan orang tua akan semakin menguatkan mental anak yang sedang mengalami masalah.

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 1 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 1

Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.