6 Jenis Sifat Malu Yang Perlu Ditumbuhkan Pada Anak Di Zaman Now

KakZepe.COm – Budaya “Malu” kian terkikis di kalangan generasi muda, terutama kaum remaja. Banyak remaja melakukan hal-hal yang negatif, dan bahkan menuju ke sebuah tindakan kriminal tanpa ada perasaan malu. Agar rasa “malu” tetap dimiliki oleh anak-anak di usia remaja, maka sedari dini perlu ditanamkan rasa “malu” ini. Rasa “malu” apa sajakah itu? Berikut ini adalah penuturan dari Kak Zepe:

1. Malu bila tidak menghormati sesama

Hal ini bisa kita ajarkan dengan cara meminta anak-anak untuk berteman pada siapa saja, tanpa memandang agama, suku, dan latar belakang anak-anak yang lain. Anak-anak juga perlu diajarkan cara menghormati orang-orang yang bekerja sebagai tukang sapu, tukang kebun, penjaga keamanan, dan lainnya.

2. Malu bila melanggar aturan

Setiap sekolah tentu memiliki aturan yang berlaku. Ajarkan kepada anak didik untuk mematuhi aturan yang berlaku di sekolah. Hal ini dengan memberlakukan aturan secara tegas, dan bila ada yang melanggar perlu adanya suatu konsekuensi yang bisa membuatnya mau belajar menjadi anak yang lebih baik. Ajarkan kepada anak pula akan pentingnya sikap patuh kepada aturan yang berlaku

3. Malu bila tidak bersikap sopan

Beberapa sikap sopan yang perlu diajarkan kepaada anak-anak adalah memberikan salam bila bertemu dengan teman, bapak ibu guru, dan setiap warga sekolah. Selain itu, sikap sopan juga perlu ditunjukkan dengan berbicara dengan kata-kata yang baik, berpakaian yang rapi, mengatur volume suara saat berbicara dengan orang lain (tidak membentak-bentak), dan lainnya. Hal yang tidak kalah penting adalah mengajarkan kepada anak agar berpikir dahulu sebelum berbicara, sehingga kata-kata yang keluar dari mulut benar-benar bisa memberikan dampak yang positif bagi anak yang lain, bukan malah menyakiti maupun membuat orang lain marah atau tersinggung.

 

370 Kreasi Guru TK dan PAUD (SUPER LENGKAP)

 

4. Malu bila tidak bersikap tertib

Sikap tertib perlu kita ajarkan kepada anak, yaitu dengan cara meminta anak untuk mengembalikan mainan yang sudah selesai ia mainkan, datang ke sekolah tepat waktu, mengikuti upacara bendera dengan khidmat, dan mengikuti setiap pembelajaran di sekolah dengan baik.

5. Malu bila bersikap egois

Agar anak-anak memilki etika bersosialisasi yang baik, kita perlu mengajarkan kepada anak sejak dini. Misalnya dengan cara melakukan kerja baktu bersama membersihkan kelas, memlakukan kegiatan berkelompok dalam kegiatan pembelajaran, mengunjungi panti asuhan, dan mengajak anak menyumbangkan bantuan secara materi kepada pihak yang membutuhkan (misalnya kepada korban bencana alam).

6. Malu bila menyakiti teman

Ajarkan kepada anak agar mau menggunakan segala milkiknya demi kebaikan orang lain. Buatlah anak menyadari bahwa apa pun yang kita miliki adalah karunia Tuhan, dan alangkah sebaiknya bila kita menggunakannya untuk kebaikan orang lain, termasuk tangan, kaki, pensil, buku, dan lainnya. Jelaskan kepada anak agar semua bisa menggunakannya untuk kebaikan sesama.

Semoga dengan membudayakan “rasa malu” seperti poin-poin di atas, anak-anak Indonesia semakin tumbuh menjadi anak yang baik dan berguna bagi nusa, bangsa, dan sesama. Sehingga kelak, mereka kala remaja akan mampu mengendalikan emosi mereka, dan tubuh mejadi anak yang berhati mulia.

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 1 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 1

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 2 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 2

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe (disusun Tematis) dengan klik KOLAK KAK ZEPE TEMATIK

 

Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.