6 Sifat Yang Harus Dimiliki Guru Agar Disegani dan Disayang Anak Didik

KakZepe.Com – Pendidik PAUD mana yang tidak mau disayang anak-anak didiknya? Kehadirannya selalu dinanti oleh anak-anak didiknya. Bahkan bila berpapasan di sekolah maupun di luar sekolah, namanya akan dipanggil oleh anak-anak didiknya dengan penuh semangat. Berbicara tentang karakter, semua pendidik PAUD pasti punya keunikan sendiri-sendiri. Namun tentu saja, ada karakter pokok yang perlu dibentuk oleh setiap pendidik, supaya anak-anak merasa nyaman namun tetap bisa menyampaikan materi pembelajaran dengan baik, sehingga disukai dan disayang oleh anak-anak didiknya.

1. Selalu memberikan yang terbaik

Setiap mendapatkan kesempatan mengajar, ia akan selalu mempersiapkan dengan baik. Mulai dari strategi pembelajaran dan segala perlengkapan dipersiapkan dengan baik. Ia juga pandai dalam menjaga kondisi tubuhnya, sehingga akan terlihat fit di depan kelas. Tidur terlalu larut malam adalah pantangan baginya. Karena hal ini akan mengganggu kondisinya saat mengajar di hari berikutnya. Dengan kesiapan yang baik, ia yakin bahwa ia bisa memberikan materi pembelajaran dengan baik dan menyenangkan.

2. Penyabar

Anak-anak usia dini memiliki sifat yang unik bila dibandingkan dengan siswa jenjang usia yang lebih tinggi, misalnya SMP dan SMA. Pendidik PAUD perlu memiliki sifat sabar tingkat tinggi. Mereka memahami perilaku dan sifat anak-anak dengan baik, sehingga saat anak-anak melanggar suatu aturan atau melakukan kesalahan, ia paham bahwa anak-anak didiknya masih perlu belajar dari kesalahan, bahkan kesalahan yang dilakukan berulang-ulang.

3. Pelindung dan Penjaga

Ia harus memiliki karakter pelindung dan penjaga. Selalu berusaha memberikan rasa aman bagi anak-anak didiknya. Bila terjadi sesuatu yang kurang menyenangkan pada anak-anak didiknya, ia akan merasa bersalah dan siap untuk dipersalahkan. Bagaimana pun anak-anak usia dini adalah anak-anak yang masih butuh dijaga dengan perhatian penuh.

4. Kreatif

Ia gemar melakukan variasi dalam mentransfer ilmu kepada anak-anak didiknya. Ia menyadari setiap kelemahannya, namun disertai dengan usaha untuk memperbaikinya. Mungkin pada awalnya ia tidak pandai menari, namun ia mau belajar menari. Mungkin pada awalnya ia malu untuk bernyanyi, namun ia mau belajar untuk bisa bernyanyi meski tidak bersuara merdu. Ia mau memanfaatkan segenap waktunya untuk melakukan persiapan yang baik, demi memberikan kejutan-kejutan yang baru kepada anak-anak didiknya dengan metode-metode pembelajaran yang baru serta tidak biasa atau tidak monoton.

Ajak anak menyanyikan lagu “I LOVE U GURUKU” karya Kak Zepe yuk!


5. Memahami dan mencintai dunia anak

Ia paham benar bahwa dunia anak adalah dunia bermain dan belajar dengan suasana yang ceria. Pribadi anak-anak, kebutuhan anak-anak, dan karakter setiap anak-anak didiknya ia pahami, sehingga ia menjadikan pekerjaannya bukan saja sebagai sarana mentransfer ilmu, namun juga lahan untuk menabur kebaikan. Ia merasa bangga dan bahagia melihat anak-anak didiknya semakin berkembang menjadi lebih pandai dan lebih dewasa dengan didikan dan pengajaran yang ia berikan.

6. Pembelajar

Kedudukannya sebagai pendidik tidak menghentikan niatnya dan semangatnya untuk selalu mendapatkan pengetahuan, ilmu, dan pengalaman yang baru. Ia akan berusaha menjadi lebih baik, dan lebih baik, agar semakin banyak yang bisa diberkan kepada anak-anak didiknya. Ia gemar belajar dari membaca buku, mendengarkan pengalaman orang lain, mengikuti pelatihan, dan cara-cara lainnya.

Tidak ada manusia yang sempurna. Semua orang butuh belajar untuk menjadi lebih baik. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Tidak peduli berapa pun usia seorang pendidik PAUD, ia harus mau belajar untuk menjadi pendidik yang lebih baik. Semangat belajar!

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 1 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 1

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 2 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 2

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe (disusun Tematis) dengan klik KOLAK KAK ZEPE TEMATIK

 

Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.