9 Aktivitas Ini Bisa Mengembangkan Karakter Kesabaran Anak

KakZepe.Com – Salah satu pendidikan karakter yang perlu kita ajarkan kepada anak didik adalah kesabaran. Karena dengan kesabaran maka kualitas dari suatu pekerjaan akan menjadi lebih baik. Bila anak-anak mengerjakan suatu karya kerajinan tangan dengan sabar, maka hasil karyanya pun akan menjadi lebih rapi. Bila anak-anak mengerjakan lembar kerja dengan penuh kesabaran, maka anak-anak pun akan mampu mengerjakan suatu lembar kerja dengan lebih teliti, dan hasilnya pun akan lebih memuaskan. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk melatih kesabaran ketika anak-anak berada di dalam kelas.

1. Membudayakan antri

Kak Zepe pernah membahas tentang berbagai manfaat budaya antri. Dan salah satu manfaat budaya antri adalah melatih kesabaran anak. Budaya antri bisa diterapkan pada saat anak-anak hendak mengambil makan siang, saat hendak membeli makanan di kantin, atau saat hendak masuk ke dalam kelas.

2. Menjawab pertanyaan lisan secara bergiliran

Ada kalanya seorang pendidik memberikan pertanyaan lisan kepada anak-anak didik. Akan lebih baik bia sebelum memberikan pertanyaan, kita berikan suatu
aturan kepada anak-anak didik kita, untuk mengangkat tangan bila hendak menjawab pertanyaan, dan siswa yang boleh menjawab adalah siswa yang ditunjuk oleh gurunya.

3. Menasihatkan kepada anak, bahwa mengalah bukan berarti kalah

Di dalam kelas sering terjadi perselisihan antar siswa. Terkadang kita akan menemukan bahwa tidak ada salah satu anak didik yang berselisih paham mau
mengalah. Agar hal ini tidak terjadi, kita perlu menasihatkan kepada anak-anak didik kita, bahwa mengalah tidak berarti kalah. Justru orang yang lebih dewasa adalah orang yang bisa mengalah agar suatu permasalahan kecil tidak menjadi besar. Sifat mau mengalah bisa diterapkan pada saat anak-anak berebutan mainan, membuat marah salah seorang teman karena kesalahpahaman, memberikan kesempatan kepada teman untuk menggunakan sesuatu terlebih dahulu, dan masih banyak contoh lainnya.

4. Mengingatkan tentang manfaat kesabaran

Sebelum kita meminta siswa untuk mengerjakan sesuatu, akan lebih baik bila kita selalu mengingatkan kepada siswa tentang manfaat kesabaran. Hal ini sudah
dijelaskan pada bagian pendahuluan. Anak-anak sering lupa akan pentingnya atau manfaat kesabaran. Biasanya banyak siswa akan menjadi lupa dan mengabaikan manfaat kesabaran disaat ada salah satu siswa yang pada saat mengerjakan tugas di kelas mengatakan, “Aku nomor satu!” atau “Aku yang pertama”. Bila kita sudah menyampaikan kepada siswa bahwa kesabaran lebih penting daripada menjadi yang “nomor satu”, biasanya siswa akan lebih bisa mengontrol diri.

5. Menggunakan media dongeng atau bernyanyi untuk memberikan nasihat tentang “kesabaran”.

Dongeng yang cocok untuk digunakan sebagai media penyampai pesan tentang kesabaran adalah dongeng berjudul, “Lomba Lari Antara Kura-kura dan
Kelinci”. Sedangkan lagu yang bisa digunakan sebagai media pengajar tentang kesabaran adalah lagu anak berjudul “Bersabarlah” karya Kak Zepe. Kita bisa menemukan dongeng atau lagu anak lainnya via youtube.

6. Kegiatan berbaris sebelum masuk kelas

Di sekolah-sekolah jaman dahulu, hampir semua sekolah menerapkan kebiasaan berbaris di depan kelas sebelum pelajaran dimulai. Pada saat itu, anak-anak
mendapatkan kesempatan untuk latihan kedisiplinan dan kesabaran. Saat melakukan kegiatan itu, guru juga mendapatkan kesempatan untuk memberikan sedikit nasihat-nasihat kepada siswa agar suasana kelas bisa berjalan dengan baik dan lancar. Anak-anak akan terlihat lebih tenang di dalam kelas setelah melakukan baris-berbaris di depan kelas.

Karakter kesabaran bisa diajarkan melalui lagu anak. Lagu karya Kak Zepe di bawah ini adalah salah satu contohnya!


7. Memberikan sugesti dengan iringan musik

Cara ini sudah digunakan di beberapa sekolah, dengan tujuan agar anak-anak bisa lebih tenang dan mampu mengontrol emosi serta keaktifan mereka.
Kegiatan ini dilakukan di dalam kelas. Kita ajak anak-anak duduk yang tenang dengan posisi duduk paling nyaman sambil memejamkan mata. Lalu kita putarkan musik instrumen dengan volume rendah. Lalu kita bisa menceritakan suatu pengalaman memandang keindahan alam, indahnya persahabatan, dan pengalaman imajinatif dengan suara yang lembut, sambil mendengarkan iringan musik.

8. Kegaiatan latihan motorik halus

Kegiatan motorik halus bisa melatih kesabaran anak. Banyak contoh aktivitas motorik halus yang bisa kita ajarkan kepada anak-anak didik, misalnya
memasukkan manik-manik ke dalam benang, meronce, membuat kolase, dan lainnya.

9. Menjadi teladan kesabaran

Tidak mudah gelisah atau panik saat menghadapi suatu persoalan di dalam kelas juga akan melatih kesabaran anak. Anak-anak akan selalu mencotoh sikap
dan perilaku gurunya. Misalnya saat ada anak yang secara tidak sengaja menjatuhkan suatu barang, kita tidak perlu panik, emosi, atau melakukan reaksi negatif lainnya, misalnya dengan marah-marah. Bila kita terbiasa menghadapi persoalan di dalam kelas dengan tenang, maka anak-anak pasti anak meneladani sikap kita.

Kesabaran tidak hanya memberikan pengaruh ketenangan, namun juga membuat kita mampu untuk bisa menghasilkan karya yang baik. Agar anak-anak didik kita bisa memiliki kepribadian ini, marilah kita menanamkannya sedini mungkin.

Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.