Anak-anak Butuh Kebebasan Berkreasi Dan Bereksplorasi

KakZepe.Com – Dalam sebuah sidak di salah satu Sekolah Dasar, Bapak Anies Baswedan mengungkapkan, “Banyak anak-anak tahu menjawab pertanyaan “mau jadi apa”. Namun, hampir semua bingung dengan pertanyaan “akan membuat apa”. “Ketika ditanya mau jadi apa, semua bisa jawab. Namun, ketika ditanya mau buat apa, semuanya bingung. Pertanyaan penting buat anak kita, bukan mau jadi apa, tetapi mau berkarya apa,” ujar Anies, setelah keluar ruangan. “Kita sering mengajarkan anak-anak mengikuti apa yang diajarkan. ‘How are you?’, pasti semuanya jawab ‘I’m fine, thank you’. Seragam seluruh Indonesia. Anda tanya, ‘what’s your name’, my name is… Sama semuanya,” kata mantan Rektor Universitas Paramadina ini.

Dan Seorang pendidik terkenal dari Inggris mengatakan, “Jika seseorang tidak memiliki kreatifitas, berarti ia tidak pintar sama sekali.” Apa yang ia katakan memang benar. Bagaimanapun pun anak-anak adalah pribadi yang terlahir dengan kreatifitas yang dimilikinya. Tanpa kreatifitas, anak-anak hanya seperti sebuah robot, yang hanya bergerak sesuai dengan keinginan pengendalinya.

Anak-anak harus memiliki sifat kreatif.

Bagaimana agar kreatifitas anak bisa berkembang? Agar kreatifitas anak bisa berkembang, diperlukan kebebasan. Kebebasan inilah yang bisa membuat anak-anak terlihat sangat ceria dan nyaman melakukan apa yang ia suka, dan tentu saja sesuai dengan bakat yang ia punya. Ia tidak merasa memiliki tanggung jawab yang terlalu berat, ia tidak pernah memikirkan suatu permasalahan.

Kumpulan Craft dan Lagu PAUD Edukatif Sabagai Bahan Mengajar

Sudah benarkah sistem pembelajaran di sekolah?

Sistem pembelajaran di sekolah harus mendukung kepribadian anak ini. Perlu adanya sistem pembelajaran dimana “anak adalah pusatnya”, sehingga memungkinkan bagi anak untuk mengekplorasi diri dan memuaskan rasa ingin tahu mereka yang begitu besar. Aturan-aturan yang terlalu ketat bisa membatasi kemampuan anak. Oleh karenanya, pendidik perlu lebih memberikan kesempatan kepada anak-anak didik agar bisa lebih aktif dalam pembelajaran.

Mengapa anak perlu diberikan kesempatan bereksplorasi?

Anak-anak perlu diberikan kesempatan untuk lebih banyak bergerak dan mengemukakan pendapat. Anak-anak juga perlu diberikan kesempatan untuk dapat menggunakan panca indera dalam proses pembelajaran. Hal ini akan membantu anak dalam memahami dan mengingat dalam jangka waktu yang lama apa yang sedang mereka pelajari. Sekolah, sebagai tempat anak-anak belajar juga perlu menyediakan aneka permainan yang memungkinkan anak-anak didik agar bisa mengekplorasi diri mereka sembari melatih motorik mereka.

Bereksplorasi tidak hanya dalam perbuatan, namun juga perkataan

Anak biasanya akan banyak bercerita tentang apapun yang ia alami. Pada saat anak mulai bercerita, hendaknya didengarkan dengan seksama. Biarkan ia bercerita sampai usai dan jangan dipotong ataupun dikritik, apalagi dengan nada yang tinggi. Saya, Kak Zepe, sangat menyarankan agar kita lebih memberikan tanggapan yang positif supaya ia merasa dihargai dan juga melatih otaknya untuk berfikir tentang tanggapan yang didapatnya. Saat bercerita adalah saat anak berlatih anak untuk berani dan percaya diri dalam mengungkapkan pendapatnya meskipun tidak sepenuhnya benar. Hal ini sangat baik untuk melatih kepribadian anak agar menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif.

Hati-hati memilihkan anak sekolah

Melalui artikel ini, saya, Kak Zepe, juga ingin menekankan kepada orang tua agar lebih berhati-hati dalam memilihkan sekolah bagi buah hatinya. Jangan sampai sekolah yang seharusnya menjadi tempat bermain sambil belajar menjadi tempat yang membosankan dan bahkan malah cenderung membuat anak sulit berkembang. Pembelajaran yang terlalu serius, tenaga pendidik yang cenderung kurang sabar, dan sarana bermain yang kurang memadai bisa menjadi faktor penghambat perkembangan anak.

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 1 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 1

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 2 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 2

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe (disusun Tematis) dengan klik KOLAK KAK ZEPE TEMATIK

 

Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.