AYO BELAJAR – Memanfaatkan Koran Bekas Untuk Membuat Kreasi Baju

Harga koran bekas sangatlah murah, hanya sekitar Rp 2000,00 per Kg. Namun seorang wirausaha yang bernama Bunda Risdani, seorang pendidik MA, telah berhasil mengubah koran bekas menjadi kreasi pernik-pernik yang menarik. Bahkan karya Bunda Risdani telah menembus pasar Australia. Jasa bunda Risdani tidak hanya dirasakan oleh keluarganya, namun seluruh warga di kampung halamannya. Banyak diantara warga di Asahan, bekerja bersama Bunda Risdani muntuk membuat kreasi yang sama.

Anak-anak usia dini, perlu belajar tentang cara menyulap barang limbah menjadi kreasi yang bermanfaat. Selain untuk membangkitkan ketrampilan anak dalam berwirausaha, mengajarkan anak akan pentingnya memanfaatkan barang-barang limbah juga mengajarkan kepada anak tentang cara memelihara lingkungan dan menjaga alam ciptaan Tuhan.

Seorang pendidik PAUD yang berdomisili di Cileungsi mengadakan sebuah acara menarik. Ia menganak anak-anak didik dan orang tuanya untuk membuat kreasi berbentuk baju bekerjasama dengan pendidik-pendidik PAUD. Dengan melakukan kerjasama maka hubungan silaturahmi antara guru, anak didik, dan orang tua anak didik menjadi semakin dekat.

Kreasi yang telah dibagikan oleh Bunda Siti di FORUM TK DAN PAUD ini mendapatkan lebih dari 300-an likes. Banyak anggota FORUM TK DAN PAUD menunjukkan kekagumannya pada karya Bunda Siti ini yang bisa dibaca pada komentar postingan. Langkah-langkah untuk membuat kreasi ini adalah sebagai berikut:

  • buat pola baju dengan kertas manila atau kertas karton
  • tempelkan kertas karton pada koran bekas
  • gunting koran bekas sesuai dengan pola yang terbuat dari kertas karton

Fungsi kertas karton pada kreasi ini adalah membuat bentuk baju nantinya tidak mudah sobek. Biasanya kreasi ini mudah sobek, namun bila dilaposi dengan kertas manila atau karton maka kreasi ini akan lebih awet dan tidak mudah rusak.


 

Setelah kreasi berbentuk baju sudah jadi, pakaikanlah kepada anak-anak didik. Berikan kesempatan pula kepada anak-anak didik untuk melakukan fashoin show sebagai puncak kegiatan..

Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.