AYO BELAJAR – Membuat APE Anggota Tubuhku

posted in: ayo belajar, tema diriku | 0

Masih ingat lagu “Kepala Pundak Lutut Kaki” ?? Ya.. Lagu ini sering dinyanyikan oleh anak-anak PAUD, baik Kids Zaman Now..Maupun Kids Zaman Past. Dengan menyanyikan lagu tadi, anak-anak belajar tentang anggota tubuh manusia. Kak Zepe, sebagai pencipta lagu anak di zaman now, juga menciptakan sebuah lagu yang bisa dipakai sebagai media mengajar anggota tubuh. Lagu ini berjudul “Ini Aku”. Lagu ini sangat cocok dinyanyikan pada pembelajaran PAUD tema DIRIKU dan dengan subtema ANGGOTA TUBUHKU. Berikut ini adalah lirik dan lagunya: Lirik Lagu “INI AKU” Teman-teman ini aku ciptaan Tuhan Aku unik tiada yang sama seperti diriku Meski rambutku seperti ini Meski hidungku seperti ini meski kuitku seperti ini aku disayang Tuhan Meski mataku seperti ini meski tubuhku seperti ini Meski mulutku seperti ini.. Aku indah diciptakan Lagu ini bisa dinyanyikan dengan klik LAGU ANAK “INI AKU”.


Anda bisa mendapatkan LAGU ANAK KARYA KAK ZEPE secara GRATIS. Untuk mendownloadnya silakan klik gambarnya: Lagu Anak Tematik TK dan PAUD – Karya Kak Zepe  banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud Silakan download juga Album Lagu Anak Kak Zepe lainnya dengan klik gambar di bawah ini: Kolak Kak Zepe Vol 2 banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol2 Kolak Kak Zepe Vol 1   banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol1



 


Selain sebagai media mengajar anggota tubuh, lagu di atas juga mengajarkan tentang karakter toleransi dan sikap mau menerima perbedaan. Setelah itu, mari kita belajar membuat kreasi yang bermanfaat sebagai pembelajaran pengenalan tubuh manusia. Kreasi ini adalah sebuah hasta karya yang dibagikan oleh Kak Pipit, guru TK Yayasan Tawakkal Denpasar. Kak Pipit membagikannya di FORUM TK DAN PAUD, sebuah forum atau grup yang berbasis facebook, dan beranggotakan guru-guru PAUD di seluruh Indonesia. Alat dan Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kreasi ini adalah :

  • Kardus / Karton bekas : sebagai alas
  • Kertas origami : sebagai dekorasi APE
  • Perekat berserabut : untuk merekatkan anggota tubuh (perekat ini biasa dipakai untuk merekatkan kain dan bisa dilepas)
  • Gunting : untuk menggunting pola
  • Lem : untuk merekatkan pola pada media

Cara Membuat hasta karya ini adalah :

  • Buat pola orang pada kertas origami.
  • Gunting kertas sesuai pola orang dan anggota tubuh.
  • Rekatkan pola pada kardus atau karton bekas.
  • Beri perekat pada anggota tubuh untuk pembelajaran.
  • Rekatkan anggota tubuh pada tempat yg sesuai.

  Ayo ajarkan pula kepada anak-anak aneka tepuk bertema DIRIKU dengan klik gambar di bawah ini: http://kakzepe.com/ayo-belajar-aneka-tepuk-bertema-diriku-diri-sendiri/

Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.