Belajar Berhitung dan Pengenalan Angka Dengan Lagu

Banyak ahli berpendapat bahwa pelajaran berhitung tidak baik bagi kejiwaan anak. Salah satu penyebabnya adalah secara psikologi mereka belum siap untuk mempelajari pelajaran ini. Aktivitas yang cocok dilakukan oleh anak usia PAUD adalah bermain sambil belajar. Bila anak terlalu dipaksa untuk belajar berhitung, maka pada saat mereka menginjak di usia Sekolah Dasar maka mereka bisa mengalami mental hatic. Namun hingga kini di beberapa PAUD pelajaran berhitung masih diberikan, dengan catatan metode pembelajaran nya adalah dengan cara yang menyenangkan. misalnya dengan cara bermain, bernyanyi, dan aktivitas menarik lainnya. Sebagai pencipta Lagu Anak, Kak Zepe memiliki metode sendiri dalam mengajarkan berhitung bagi anak, yaitu dengan penggunaan lagu anak.

Lagu-lagu di dalam daftar ini adalah lagu yang bertema pelajaran berhitung dan pengenalan angka. Beberapa akan lebih menarik anak-anak bila dinyanyikan dengan gerakan.

1.  Jumlah Buah (Lagu Untuk belajar Penjumlahan)
Lagu ini membantu anak-anak untuk semakin mengenal macam-macam buah, dan secara tidak langsung anak-anak juga akan belajar pengenalan angka dan pelajaran berhitung. Untuk angka kecil (1-10), lagu ini juga bisa dinyanyikan dengan gerakan jari.

2. Jari Perkalian (lagu Belajar Perkalian)
Lagu ini lebih cocok diajarkan kepada siswa SD, karena untuk tingkat PAUD dan TK hanya boleh diajarkan pengenalan angka dan penjumlahan (dengan cara kreatif tentunya). Lagu ini mengingatkan anak untuk bisa menggunakan sarana jari sebagai media berhitung.

 

3. Buat Lingkaran (Lagu Permaianan dan Coffee Break)
Lagu aktivitas ini selain baik untuk dinyanyikan sebagai lagu aktivitas, juga bisa digunakan sebagai media pengenalan angka.

5.  One To Ten (lagu untuk belajar angka plus gerak dan lagu)
“I Raise My Hand”, demikian saya memberikan judul ke – 2 untuk lagu ini. Lagu ini sangat cocok dinyanyikan dengan gerakan, dan bisa digunakan sebagai media pengenalan angka dalam bahasa Inggris.


6.  I clap My Hands (Lagu berbahasa Inggris yang mengajak anak untuk bertepuk tangan)
Lagu tentang “tepuk tangan” dalam bahasa Inggris ini bisa digunakan sebagai media pengenalan angka bagi anak-ana, dan juga penjumlahan.

7. Lagu Jarimatika
Lagu ini sangat  cocok dinyanyikan untuk mengenal  angka. Juga berfungsi  sebagai brain-gym, karena lagu ini dinyanyikan dengan menggerakkan jari.


Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.