Cara Memberi Kejutan Di Awal Pembelajaran, Semua Siswa Menjadi Bersemangat Belajar

KakZepe.COm – Awal yang baik akan menentukan kelanjutannya. Rebut hati anak di awal pelajaran, maka anak akan lebih bisa fokus pada apa yang kita ajarkan. Melalui artikel ini, saya, Kak Zepe, ingin berbagi pengalaman tentang cara menarik perhatian siswa agar bisa fokus di awal pelajaran.

1. Volume suara yang pas

Kharisma seorang pendidik juga ditentukan oleh kualitas suara. Bukan kemerduan suara saat bernyanyi lho.. Suara yang pas bagi pendidik sangat ditentukan oleh kepiawaian dalam mengatur suara. Anak-anak biasanya akan lebih tertarik mendengar suara guru yang keras namun tidak berteriak apalagi terkesan membentak. Akan menjadi lebih menarik lagi bila Anda dengan gesture yang menarik dan penuh semangat. Biasanya kita menyebutnya dengan suara yang bulat. Kita juga perlu berhati-hati dalam menasihati anak yang berbuat kesalahan. Jangan terlalu cepat menggunakan suara yang keras saat menasihatinya. Gunakan suara yang lembut dan kata-kata yang positif.

2. Kecerdasan mengatur emosi

Seorang pendidik harus memiliki mental yang kuat. Tidak mudah sensitive hanya karena kesalahan yang dilakukan oleh anak didik kita. Mungkin kita akan menemui beberapa anak yang kita ajar akan terlihat sibuk sendiri, misalnya dengan ngobrol dengan teman di bangku sebelahnya, bermain pensil sendiri, dan melakukan aktivitas lainnya. Sebagai pendidik kita perlu cerdas dalam mengatur emosi. Tetaplah bersikap sabar dalam menasihati mereka tanpa jemu. Bagaimana pun mereka masih anak-anak yang masih lugu dan pasti akan melakukan kesalahan berulang-ulang. Namun percayalah, saat kita mengingatkan mereka kala berbuat salah, jiwa mereka terbentuk menjadi lebih baik, dan lebih baik lagi.

 

Kumpulan Craft dan Lagu PAUD Edukatif Sabagai Bahan Mengajar

 

3. Humor dalam Cerita Singkat

Anak-anak mana yang tidak suka didongengin? Apalagi bila dongengnya lucu dan pendongengnya sangat bersemangat serta ekspresif. Cerita lucu akan mampu membuat anak merasa rileks, suasana hati lebih tenang, sehingga lebih mampu untuk menerima materi pelajaran yang kita ajarkan.

4. Tak perlu malu melakukan kontak mata

Mengapa kita harus malu bila yang kita hadapai adalah anak-anak. Anak-anak tidak akan terlalu berpikir apakah kita cantik atau ganteng. Bagi mereka, guru yang disuka dan disayang adalah guru yang mampu membuat mereka tertawa ceria. Namun keceriaan anak-anak akan terhambat bila kita kurang mampu melakukan kontak mata pada anak-anak. Berusahalah melakukan kontak mata kepada setiap anak, sehingga mereka merasa diperhatikan. Bila anak merasa diperhatikan maka mereka pun akan memberikan perhatian mereka kepada kita saat mengajar.

Sebagai pendidik, kita juga perlu kreatif dalam menciptakan aktivitas yang menarik. Misalnya dengan melakukan kejutan-kejutan sederhana. Hal yang pernah saya lakukan saat melihat anak-anak didik saya mulai mengantuk, saya akan mengatakan “Door!” dengan suara yang keras. Sehingga anak-anak akan sedikit terkejut dan tertawa. Selain itu, kita juga bisa mengajak anak mendengarkan music sambil menari, atau mengajak mereka melakukan senam sederhana seperti saat pemanasan olahraga. Misalnya dengan gerakan memutar kepala, memutar badan, melompat, atau mengajak anak bertepuk tangan. Agar anak-anak semakin tertarik dengan materi pelajaran yang akan kita ajarkan, jangan lupa menyiapkan alat peraga yang keren dan unik.

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 1 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 1

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 2 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 2

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe (disusun Tematis) dengan klik KOLAK KAK ZEPE TEMATIK

Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.