Tips Mendidik Anak Berkarakter Tangguh Dan Bermental Juara

Mental yang kuat untuk menghadapi tantangan jaman yang semakin berat, dan hati yang kuat saat menghadapi kegagalan sangat penting ditumbuhkan di dalam diri anak-anak. Buah hati anda pun harus dipersiapkan sejak dini untuk berani berkompetisi. Cara mendidik anak yang keras, memang terkadang mampu untuk membentuk mental anak. Namun terkadang pola didik seperti itu bisa membawa dampak buruk bagi beberapa anak. Ada beberapa kasus, justru anak menjadi tersakiti karena pola asuh yang salah dari orang tuanya.

Sebelum saya memperkenalkan tips untuk mendidik anak agar memiliki jiwa yang kuat, saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman saya pada saat saya masih duduk di bangku SMU. Saat itu saya memiliki seorang sahabat, namun sekaligus rival berat saya untuk mendapatkan nilai ujian yang lebih tinggi. Dia memang termasuk anak yang cerdas. Untuk bisa mengungguli nilai yang dia dapatkan, butuh usaha yang sangat keras. Saya dituntut untuk belajar dengan giat agar bisa mengalahkannya. Bila saya berhasil mengalahkannya, walaupun kami sama-sama mendapatkan nilai yang kurang baik, saya tetap merasakan kepuasan tersendiri. Hal ini semakin memacu saya untuk belajar lebih giat lagi.

Bagaimana dengan sikap Anda sebagai orang tua?

 

1. Menjadi Teladan

Agar sang buah hati bisa lebih mau mendengarkan nasihat Anda, tentu saja Anda, sebagai orang tua, harus bisa menjadi teladan. Latih diri Anda menjadi pribadi yang pemberani dan percaya diri. Jangan malu untuk berpentas di depan panggung saat ada kesempatan, biasakan diri Anda untuk sanggup berbicara di depan publik, dan kebiasaan lain, terutama saat sang buah hati sedang ada bersama Anda.

6 Metode Belajar di PAUD yang Paling Disuka Anak-anak

2. Berikan inspirasi melalui cerita
Ceritakanlah kisah sukses Anda, terutama saat dimana Anda mampu menyelesaikan pendidikan hingga mendapatkan pekerjaan yang baik. Ceritakan pula saat dimana Anda pernah bangkit dari kegagalan. Bila Anda kehabisan bahan, Anda bisa menginspirasi si kecil dengan cerita dari riwayat hidup tokoh-tokoh terkenal hingga mereka meraih kesuksesan.

 

3. Memberikan kebebasan yang bertanggung jawab
Kurangi keinginan Anda untuk selalu melindungi buah hati Anda dimana pun dan kapan pun. Hal ini kadang bisa membuat anak merasa tertekan karena merasa terkurung. Hal yang terpenting adalah bimbingan dari Anda, sebagai orang tua. Bila perlu Anda bisa memberikan tanggung jawab kepada si kecil, mulai dari hal-hal sederhana. Misalnya, meminta anak untuk membereskan mainan setiap kali selesai bermain, meminta anak membantu merapikan meja makan, dan tanggung jawab lainnya, sesuai dengan kemampuan anak. Jangan lupa memberikan pujian saat anak berhasil menyelesaikan tanggung jawab mereka.

 

Anda bisa mendapatkan LAGU ANAK KARYA KAK ZEPE secara GRATIS. Untuk mendownloadnya silakan klik gambarnya:

Lagu Anak Tematik TK dan PAUD – Karya Kak Zepe 

banner-kolak-lagu-anak-tematik-tk-dan-paud

Silakan download juga Album Lagu Anak Kak Zepe lainnya dengan klik gambar di bawah ini:

Kolak Kak Zepe Vol 2

banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol2

Kolak Kak Zepe Vol 1

  banner-kolak-lagu-anak-feat-kak-zepe-vol1

 

 

Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.