Daftar Lagu Anak Bertema Hobi dan Pekerjaan / Profesi

KakZepe.Com – Sebagai guru, saya sering menjumpai anak-anak didik saya terlihat kurang bersemangat. Apalagi kalau saya mengajar pada jam pertama, apalagi kalau hari itu adalah hari Senin. Hari di mana anak-anak biasanya pada hari Minggu menghabiskan waktu bersama keluarga. Ada yang terlihat malas, ada yang terlihat ngantuk, ada yang terlihat capek, ada yang terlihat masih ingin bermain, dan masih banyak lagi perasaan-perasaan bawaan dari rumah tiap siswa. Di sinilah lagu anak bisa menjadi solusi.

Sebagai orang dewasa, kita sendiri tentu akan menjadi lebih semangat saat mendengarkan musik ber-beat cepat kan? Secara tidak sadar kita akan ikut bernyanyi atau bersenandung, mengangguk-anggukan kepala, dan menggoyangkan anggota tubuh kita lainnya. Begitu pula dengan anak-anak. Dengan lagu anak, kita bisa mengubah “mood” anak. Di bawah ini adalah lagu-lagu anak yang cocok diajarkan pada anak, agar anak-anak semakin bersemangat dalam belajar mengenal profesi atau cita-cita!

1. Bersabar (lagu yang mengajarkan kepada anak tentang pentingnya kesabaran)

Lagu ini biasa digunakan sebagai media pengajaran Pendidikan Karakter yang mengajarkan kesabaran. Lagu ini juga bisa
digunakan sebagai media pengajaran bertema hobi, karena di dalam lagu ini terdapat lirik yang menggambarikan kegiatan memancing, yang merupakan sebuah hobi.



2. Cita-citaku (lagu tentang cita-cita )

Lagu ini adalah sebuah lagu yang bisa digunakan sebagai media pengajaran pendidikan karakter, karena mengajarkan anak
untuk memiliki sebuah cita-cita dan bagaimana cara meraihnya. Namun di dalam lagu ini, anak-anak juga bisa diajak untuk mengenal berbagai macam profesi yang biasanya menjadi bagian dari cita-cita.



3. Pak Polisi – Lagu bertema profesi dan nasihat

Lagu ini mengajarkan anak untuk tidak boleh ngebut di jalan. Di samping itu, dengan lagu ini, anak-anak akan semakin
mengenal pekerjaan seorang polisi.

4. Bapak Pos – Lagu Bertema profesi 

Lagu ini akan mengajak anak untuk semakin mengerti pekerjaan yang dilakukan oleh seorang Bapak Pos.

 

5. Main Musik – Lagu Anak Dengan Gerakan Bertema Pengenalan Alat  Musik 

Gerak dan lagu ini akan mengajarkan anak tentang beberapa macam alat musik yang biasa digunakan oleh seorang musisi.

6.  Main Sepak Bola 

Lagu anak Karya Kak Zepe, tema : hobi dan aktivitas, bisa digunakan sebagai media Gerak dan Lagu.

7. My Father –

Lagu Anak ini mengisahkan seorang anak yang memiliki seorang ayah yang sangat sibuk. Sang ayah, yang berprofesi sebagai “banker”  hanya bisa meluangkan waktu buat sang anak bermain pada hari Sabtu dan Minggu saja.

 

8. Bersepeda

Sebuah lagu yang bertemakan hobi atau kegemaran dan aktivitas anak, khususnya bersepeda. Di dalam lagu ini anak-anak akan diajarkan bahwa mereka harus berhati-hati dalam bersepeda dan tentu saja dengan menyanyikan lagu ini anak-anak diharapkan akan semakin mencintai aktivitas bersepeda yang ramah lingkungan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

9. Memasak

Lagu anak-anak  ini   sangat  cocok dinyanyikan sebelum  kegiatan memasak di  Taman  Kanak-kanak atau  Pendidikan Anak Usia Dini.

10. Kucek-kucek (Mencuci Baju)

Sebuah lagu  anak yang  sangat  menyenangkan bila  dinyanyikan oleh anak-anak. Bagian terlucu  di dalam lagu ini  adalah pada saat  anak-anak bergerak  sambil bernyanyi  “kucek..kucek…”.   Lagu ini juga  punya nilai  moral  atau bermanfaat  sebagai  media  pengajaran pendidikan karakter, karena dengan lagu  ini anak-anak juga  diberi  nasihat  untuk hidup  mandiri dengan mencuci baju  sendiri.

 

11. Semua Profei Baik Adanya

 

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 1 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 1

Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.