Dampak Positif Memuji Anak Di Usia Emas

KakZepe.Com – Siapa yang tidak suka dipuji? Semua orang pasti suka dipuji. Apalagi bagi anak yang masih membutuhkan bimbingan dan dukungan. Pujian sangat besar artinya.

1. Pujian awal persahabatan dengan anak didik.

Di sebuah kelas yang baru dan menghadapi siswa-siswi yang baru, tentu membutuhkan trik-trik khusus agar bisa dekat dengan anak-anak didik kita. Salah satunya adalah dengan memberikan pujian kepada mereka. Sifat pujian ini bisa adalah untuk membuka sebuah percakapan, atau awal persahabatan dengan anak didik. Saat kita berjumpa dengan anak didik yang baru, kita bisa berkenalan, dan akan lebih baik bila kita bisa menambahkan kata-kata pujian, misalnya, “Salam kenal…. Nama saya Bu Indah. Senang berkenalan denganmu, Ivan. Baju kamu bagus sekali, beli di mana?” Lalu bisa dilanjutkan dengan percakapan lainnya. s

2. Pujian yang memotivasi

Anak-anak masih memiliki mental yang lemah. Sekali mendapatkan kegagalan, maka ia akan mudah down. Dibutuhkan orang yang bisa memotivasinya. Salah satunya dengan pujian, misalnya dengan kata-kata,”Kamu hebat sudah berani mencoba.” Bagi kita mungkin kata-kata seperti itu hanyalah kata-kata yang bertujuan menghibur, namun kata-kata pujian ini bisa membangkitkan semangat anak untuk giat berjuan dan pantang menyerah.

3. Mengajarkan anak karakter yang baik

Setiap anak melakukan kebaikan, pujilah dia. Misalnya saat ada anak yang meminjamkan mainan kepada teman yang lain, kita bisa memujinya dengan mengatakan “Wah…kamu hebat, mau berbagi dengan teman lainnya!” Dengan memuji kebaikan yang dilakukan anak didik kita, maka kita pun secara tidak langsung telah mengajarkannya tentang karakter yang baik dan karakter yang perlu dipertahankan atau dilakukan secara terus-menerus.

4. Pujian sebagai penghargaan

Penghargaan yang berbentuk materi atau fisik memang bisa membuat anak merasa senang. Namun penghargaan yang paling murah adalah berupa pujian. Pujian bisa kita berikan setiap saat. Hal yang terpenting saat kita memberikan pujian adalah ketulusan. Pujian yang diucapkan dengan hati yang tulus tidak hanya memberikan semangat, tapi juga mendekatkan hati kita dengan anak-anak didik kita.

5. Pujian yang menyembuhkan

Ada kalanya anak-anak bertengkar satu sama lain. Anak-anak saling ejek, sehingga mengakibatkan salah satu anak menangis karena merasa disakiti hatinya. Sebagai pendidik, tentu kita harus menjadi penengah agar kedua anak saling berdamai satu sama lain. Saat mereka bisa berdamai dan mau saling memaafkan, kita bisa memuji mereka dengan mengatakan,”Wah… kalian hebat, mau saling memaafkan dan berteman lagi.” Pujian seperti itu tidak hanya memotivasi anak untuk bisa lebih mudah memaafkan, namun juga bisa menyembuhkan luka hati yang dialami anak didik. Karena pada dasarnya anak-anak lebih mudah melupakan kesalahan orang lain. Dengan pujian yang memotivasi, anak-anak pun akan semakin mudah melupakan kesalahan orang lain dan semakin mampu berpikiran positif satu sama lain.

Pujian adalah penghargaan yang paling sederhana. Namun akan memberikan pengaruh yang besar bila diucapkan dengan hati yang tulus dan intens. Semoga pujian-pujian yang kita berikan kepada anak-anak didik kita juga bisa mejadi doa-doa kita kepada mereka atau bisa mensugesti mereka untuk bisa melakukan hal-hal yang positif, sehingga saat kita memuji anak dengan mengatakan ,”Kamu rajin sekali”, mereka nantinya benar-benar akan menjadi anak-anak yang rajin.

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 1 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 1

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 2 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 2

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe (disusun Tematis) dengan klik KOLAK KAK ZEPE TEMATIK

One Response

  1. […] Dampak Positif Memuji Anak Di Usia Emas […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.