Guru Tak Hanya Mengajar, Namun Juga Pembelajar

KakZepe.Com – Seorang guru bukanlah manusia yang sempurna. Meskipun ia diberikan tanggung jawab untuk membentuk anak-anak didiknya agar menjadi anak yang cerdas, namun tidak menutup kemungkinan bahwa ia memiliki kekurangan. Diantara banyak pertanyaan yang diajukan oleh anak-anak didiknya, tidak menutup kemugkinan bila ia tidak bisa menjawab beberapa pertanyaan dari anak-anak didiknya.

Menyadari kelemahan dan mau berubah

Memiliki kekurangan. Itulah hal yang perlu disadari oleh para pendidik. Setelah seseorang menyadari akan kelemahan dan
kekurangannya, tentu saja ia akan cepat berubah agar menjadi manusia yang lebih baik. Berbeda dengan orang yang bebal, merasa diri “lebih tinggi”, sehingga tidak mau mengakui kekurangan dan kesalahan yang pernah dilakukannya. Seorang guru perlu memilki kerendahan hati, sehingga walaupun ia tidak bisa menjawab pertanyaan murid atau melakukan kesalahan, ia benar-benar mau meminta maaf kepada anak-anak didiknya.

Karena dengan meminta maaf kepada anak-anak, seorang guru telah mengajarkan arti kerendahan hati. Bahwa semua manusia pernah berbuah salah dan memiliki kelemahan. Dan bahwa setiap orang perlu meminta maaf kepada setiap orang bila memang berbuat salah dan mau menyadari kelemahannya tanpa peduli kepada siapa, meski dari pangkat atau status sosial yang lebih rendah.

Tidak menutupi kelemahan

Banyak guru menutupi kelemahannya dengan menunjukkan keangkuhannya. Hal ini biasanya terlihat dari cara berjalan, cara bertegur sapa (tidak mau menyapa duluan), dan cara menghadapi suatu masalah (tidak mau disalahakan dan selalu beralasan). Tentu saja kebiasaan-kebiasaan tersebut akan menghambat perkembangan karakter seorang pendidik.

Tips Menjadi Guru Pembelajar

 

 


Menyadari kelemahan, merasa malu dan mau belajar

Bila seorang guru telah menyadari kelemahannya, biasanya ia akan lebih memiliki semangat untuk berubah. Ia berubah karena merasa malu kepada dirinya sendiri, merasa tidak mampu mampu memberikan yang terbaik. Guru yang punya rasa malu, biasanya akan cepat melakuakan perubahan. Perubahan perlu dilakukan bukan dengan cara berdiam diri, namun juga perlu dilakukan dengn mau belajar. Seorang guru dituntut untuk menjadi semakin manusia yang semakin berkualitas. Semakin kaya seseorang, ia akan semakin mampu memberi dengan lebih banyak lagi.Dengan kualitas yang semakin baik, seorang guru akan mampu mengajar dan mendidik denga lebih baik lagi. Semoga anda pun akan semakin menjadi guru yang baik, baik dalam mencerdaskan anak didik maupun membentuk karakter anak didik. (Kak Zepe)

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 1 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 1

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 2 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 2

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe (disusun Tematis) dengan klik KOLAK KAK ZEPE TEMATIK

Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.