Guru PAUD Harus Pintar Mengontrol Diri, Ini Tipsnya!

KakZepe.COm – Pengendalian diri atau biasa disebut “self control” adalah hal yang mutlak dimiliki oleh seorang pendidik. Sifat ini sangat identic dengan kesabaran. Kemapuan seseorang dalam mengontrol emosi akan tampak pada ketenangannya dalam melakukan sesuatu. Bila seseorang tidak bisa mengontrol diri, ia akan mudah melakukan kesalahan, bahkan kesalahan yang terkesan “ceroboh”. Kali ini Kak Zepe akan menuturkan beberapa tips agar seorang pendidik mampu menjaga “self control” sehingga akan mampu bersikap dengan baik dan berkharisma saat mengajar anak-anak didiknya.

1. Liburan itu perlu

Aktivitas yang rutin dilakukan setiap hari dapat membuat pendidik cepat bosan. Apalagi ditambah banyaknya jam mengajar dan administrasi kelas yang berjibun bisa menyebabkan pikiran menjadi penat. Bila dibiarkan berlarut, maka ia bisa merasa penat dan bosan, bahkan stres. Rekreasi. Kegiatan yang bersifat relaksasi dan hiburan sangat penting dalam hal ini. Dengan melakukan rekreasi, maka hati ia akan menjadi lebih tenang, pikiran menjadi lebih rileks, sehingga hal ini bisa menunjang performa mengajar kita di hadapan anak-anak didik.

2. Istirahat yang cukup

Pola istirahat sangat penting untuk dijaga. Terlalu sering begadang bisa menyebabkan stamina terkuras. Bangun bisa terlambat. Bila sampai terlambat masuk sekolah, pendidik juga bisa menjadi kurang tenang, apalagi bila ia mendapat kesempatan untuk mengajar di awal hari. Emosi pun menjadi kurang stabil karena hati kita menjadi kurang tenang karena tergesa-gesa berangkat. Dengan pola tidur yang baik, hati akan lebih tenang, karena ia bisa mempersiapkan bahan pengajaran dengan baik.

3. Berempati pada anak

Empati adalah salah satu sikap penting bagi pendidik. Bila ia mampu berempati kepada anak-anak didiknya, maka seorang pendidik akan lebih mampu memahami anak-anak didiknya. Bila ia mampu memahami anak-anak didiknya, maka ia pun akan semakin mampu memahami kebutuhan anak-anak didiknya. Bila ia mampu memahami kebutuhkan anak-anak didiknya, maka ia akan semakin mampu memahami cara mengajar anak-anak didiknya. Tentu saja sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kemampuan anak-anak didiknya. Selain itu, ia juga akan semakin mampu menerima segala kekurangan anak-anak didiknya,dan bisa lebih bersabar bila anak melakukan kesalahan.

Kumpulan Craft dan Lagu PAUD Edukatif Sabagai Bahan Mengajar

 

4. Persiapan menentukan kualitas mengajar

Jangan menganggap enteng materi pelajaran. Karena yang terpenting bagi seorang pendidik bukan tingkat kesulitan materi pelajaran, namun lebih pada bagaimana ia mengajar. Banyak pendidik yang menganggap remeh persiapan mengajar, karena merasa ia sudah menguasai materi. Padahal tanpa ada persiapan yang baik, seorang pendidik akan terlihat “grusa-grusu” dalam mengajar, bahkan akan terkesan asal-asalan. Agar anak-anak didik bisa merasa nyaman saat kita ajar, kita perlu melakukan persiapan mengajar yang baik. Dengan melakukan persiapan yang baik, kita akan terlihat lebih tenang dan kita pun akan lebih mampu membangun suasana kelas dengan humor-humor segar. Akan lebih baik lagi bila ia juga menyiapkan media mengajar yang menarik, misalnya dengan alat peraga atau pun media presentasi yang bagus.

5. Ceriakan hati di pagi hari

Mengapa kita tidak boleh marah atau pun sedih di pagi hari? Karena awal hari akan sangat menentukan suasana hati sepanjang hari. Percayalah, bila kita bisa mengawali hari dengan baik, maka kita pun akan merasa lebih ringan dalam menjalani hari. Hati pun menjadi lebih ceria. Dengan bermurah senyum, melakukan kebaikan, bersikap ramah, maka kita pun akan menjadi lebih bisa bersabar saat mengajar anak-anak didik kita.

Pengendalian diri juga ditentukan oleh keadaan tubuh. Bila keadaan tubuh kita baik, maka kita akan lebih mampu mengendalikan diri. Jagalah kondisi tubuh dengan sarapan di pagi hari dan berolah raga. Hal ini akan membuat badan dan wajah terlihat lebih bugar. Kita pun akan terlihat semakin percaya diri. Jangan lupa, awali hari juga dengan doa atau ibadah. Semoga semua tugas akan semakin dilancarkan dan kita mampu menjalani dengan penuh rasa syukur.

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 1 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 1

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 2 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 2

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe (disusun Tematis) dengan klik KOLAK KAK ZEPE TEMATIK

Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.