Guru Tidak Hanya Mendidik, Tapi ….. ( Menjadi Guru Di Zaman Now )

KakZepe.Com – Profesi guru adalah sebuah profesi yang menarik untuk digeluti. Sejauh saya berkecimpung di dalam dunia pendidikan, profesi ini membentuk saya menjadi seorang pendidik, pelatih, dan pengajar. Saya banyak mendapakan pengalaman berharga yang banyak membangun saya menjadi manusia yang semakin berkualitas.

  1. Guru adalah pendidik

Pendidik berasal dari kata dasar didik,  artinya memelihara dan memberi latihan (ajaran, tuntunan, pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Arti lain dari kata pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik.Pendidik akan adalah orang yang orang yang memberikan pengetahuan kepada anak-anak didik. Pendidik dituntut tidak hanya untuk memberikan pengetahuan, namun juga harus bisa menjadi contoh. Keteladanan seorang pendidik sangat penting agar apa yang diberikan akan sesuai dengan tindakannya. Hal ini sangat berguna juga dalam membangun karakter saya. Mau tidak mau, saya yang terkadang masih suka emosional dalam menghadapi suatu permasalahan atau perselisihan dengan orang lain, kini lebih bisa mengontrol diri dan bisa lebih bersabar. Tanggungjawab guru sebagai pendidik adalah yang paling berat. Karena seorang pendidik tidak hanya akan mempertanggungjawabkan profesinya di dunia, namun juga di akhirat kelak. Karena bila seorang pendidik kurang bisa menjadi contoh yang baik, maka akan memberikan pengaruh negatif bagi anak-anak diidknya. Semakin baik karakter seorang pendidik, ia akan semakin banyak dicari.

  1. Guru sebagai pelatih

Pelatih adalah orang yang profesional dalam bidang tertentu dan bertugas untuk membentuk seseorang menjadi memiliki ketrampilan yang sama dengan apa yang menjadi bidangnya tersebut dan agar anak-anak yang dilatihnya bisa meraih prestasi. Biasanya pelatih sangat cocok digunakan bagi orang yang mengajar di bidang olah raga dan aktivitas yang melibatkan fisik.  Profesi guru sebagai pelatih biasa dilakukan saat guru mengajarkan aktivitas fisik pada anak-anak didik. Misalnya saat mengajarkan olah raga, permainan, gerak dan lagu, atau senam.  Pelatih dituntut untuk bisa bergerak aktif agar anak-anak yang dilatihnya bersedia melakukan apa yang diajarkannya. Pelatih juga harus memiliki semangat dan energi yang kuat agar tidak terlihat loyo. Semakin terampil seseorang dalam melakukan suatu hal, ia akan semakin banyak dicari orang lain untuk menjadi pelatih.

  1. Guru sebagai pengajar

Pengajar berasal dari kata dasar ajar, dalam Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI) artinya petunjuk kepada orang supaya diketahui (dituruti). Dari sini dapat dipahami bahwa ajar; mengajar adalah suatu tindakan untuk membuat orang lain mengerti, atau paham akan sesuatu. Nah, jadi kalau Anda menjadi seorang pengajar, berarti Anda wajib membuat orang lain mengerti akan hal yang Anda jelaskan pada mereka. Kalau belum, berarti Anda belum berhasil sebagai seorang pengajar. Seorang pengajar dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas. Ia harus memiliki kegemaran dalam mempelajari hal-hal yang baru. Semakin kaya seorang penajar, maka anak-anak didiknya pun semakin kaya akan pengetahuan. Sebagai pengajar, guru dituntut untuk banyak mengikuti seminar-seminar pendidikan, membaca buku-buku pendidikan, dan lainnya. Semakin kaya yang dimiliki oleh seorang pendidik, maka ia akan semakin banyak dibutuhkn orang lain.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda berminat menjadi seorang guru? Semakin banyak jam terbang seorang guru, maka ia akan semakin terampil dalam banyak hal. Ia akan semakin berguna, tidak hanya bagi anak-anak didiknya, namun juga masyakrakt di sekitarnya. Bila anda adalah seorang guru, tekunlah dengan profesi yang anda geluti. Syukurilah berapa pun pendapatan anda. Karena dengan mengajar, mendiidk, dan melatih, anda pun akan semakin menjadi berkualitas.

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 1 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 1

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 2 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 2

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe (disusun Tematis) dengan klik KOLAK KAK ZEPE TEMATIK

Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.