Hati Tenang dan Ceria, Penting Banget Buat Guru PAUD

KakZepe.Com – Sebagai pendidik, kita harus menjadi pribadi yang tenang. Tenang berarti tidak mudah resah, tidak mudah takut, tidak mudah khawatir, namun bisa membawa diri dalam keadaan emosi yang stabil di segala keadaan. Menjadi pribadi yang selalu tenang memang tidak mudah. Sebagai pendidik yang profesional, kita tidak boleh memperlihatkan kelabilan emosi kita di hadapan anak didik. Meskipun kita sedang dilanda masalah keluarga, masalah pribadi, atau pun sedang berbeban berat, kita harus bisa menunjukkan kepada anak didik bahwa kita dalam keadaan baik-baik saja. Bagaimana pun anak-anak usia dini adalah pribadi yang memiliki kepekaan hati yang tinggi. Sehingga saat emosi kita sedang labil, mereka pun akan merasakan ada sesuatu yang “salah”, sehingga membuat suasana kelas menjadi kurang nyaman. Berikut ini tips dari Kak Zepe, agar kita bisa menjadi guru yang tenang sehingga membuat anak didik juga merasa nyaman belajar bersama kita.

1. Berusaha memasang “Smiley Face” di raut wajah kita

Walaupun suasana hati sedang sedih, kita harus tetap berusaha untuk memasang wajah ceria. Caranya adalah dengan tetap berusaha tersenyum. Kita bisa belajar dengan cara melihat ke cermin. Kita perhatikan wajah diri sendiri di depan cermin. Perlihatkan senyum terbaik di depan cermin, dan pastikan itulah yang akan kita tampakkan di depan anak-anak didik, bukan wajah yang cemberut atau wajah yang terlihat sedih.

2. Berpikir positif dan selalu bersyukur

Apa pun peristiwa yang terjadi di dalam hidup kita, tetaplah kita berpikir positif. Berpositif berarti mampu mengambil makna dari semua kejadian dalam hidup
sebagai suatu pelajaran berharga. Misalnya, saat kita baru saja kehilangan dompet kita. Maka kita harus tetap bisa bersyukur dan mengambil makna dari kejadian itu, misalnya adalah menganggap bahwa kejadian itu adalah suatu pelajaran hidup yang mengajarkan kita agar lebih berhati-hati. Yang pasti, jangan hanya karena kehilangan dompet, kita menjadi stres dan tidak bisa mengajar anak-anak didik dengan baik.

Pentingnya Kesabaran Dalam Menasihati Anak-anak

 

3. Selalu bersemangat

Apa pun yang terjadi di dalam kehidupan kita, kita harus tetap bersemangat. Merasakan kesedihan saat kita sedang berada di dalam suatu permasalahan adalah hal biasa, namun kita tidak boleh bersedih terlalu lama. Kita harus tetap berpikir bahwa semua kesedihan pasti akan berlalu. Kesedihan hanya bisa tertutup dan tidak kita rasakan bila hati kita bisa merasakan kebahagiaan. Salah satu kunci agar kita bisa mendapatkan kebahagiaan adalah dengan perjuangan, dan perjuangan keras tidak akan pernah bisa kita lakukan tanpa meninggalkan kesedihan yang kita rasakan. Jadi bila kita saat ini merasa sedih, sebaiknya kita berjuang dulu tentang cara melepaskan kesedihan itu, misalnya dengan bertamasya, berkunjung ke rumah teman, berbagi cerita dengan teman, dan lainnya.

4. Awali hari dengan berdoa / beribadah serta melakukan hal positif

Pagi hari adalah saat yang tepat untuk kita bisa mendekatkan diri kepada Tuhan. Semakin kita merasa dekat dengan Tuhan, kita akan merasa lebih kuat. Sehingga kejadian apa pun yang menimpa kehidupan kita, kita akan tetap bisa berserah, dan tidak menganggap suatu masalah adalah musibah, bahkan kita malah akan bisa menganggap suatu masalah adalah berkah, karena kita juga bisa belajar banyak hal dari masalah yang terjadi di dalam kehidupan kita. Masalah bisa terjadi kapan pun, termasuk saat kita berada di sekolah atau sedang mengajar. Bila masalah itu datang, maka kita akan bisa lebih kuat dan bersikap bijak dalam menghadapinya.

5. Berdamai dengan siapa pun termasuk diri sendiri

Setiap orang memiliki kelemahan. Sadar atau tidak sadar, kadang kita belum bisa menerima diri kita apa adanya, dan biasanya itu terjadi karena kita belum bisa menerima kelemahan yang ada pada diri kita. Itulah yang kadang membuat kita terlihat kurang percaya diri atau bahkan menjadi mudah sakit hati. Sebagai pendidik, kita harus bisa tampil prima dan percaya diri. Maka mau tidak mau, kita harus bisa menerima diri apa adanya, dan mau berjuang agar kita bisa berdamai dengan diri kita sendiri. Orang yang bisa berdamai dengan diri sendiri, biasanya akan lebih mudah berdamai dengan orang lain. Sebaliknya, orang yang kurang bisa menerima kekurangan yang ada di dalam diri, biasanya akan sulit menerima kekurangan orang lain. Sehingga saat ada sesama yang berbuat salah atau menyakiti hati kita, kita akan mudah mendendam dan sulit untuk mengampuni. Bila kita bisa berdamai dengan diri sendiri dan orang lain, maka kita akan bisa lebih bersikap sabar dan bijaksana, terutama kepada anak-anak didik yang keras kepala dan suka membuat masalah.

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 1 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 1

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 2 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 2

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe (disusun Tematis) dengan klik KOLAK KAK ZEPE TEMATIK

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.