Imajinasi Anak Perlu Diarahkan, Tak Perlu Dirisaukan

KakZepe.Com – Setiap anak pasti akan mengalami masa-masa dimana mereka suka berimajinasi. Dengan memainkan sesuatu, anak bisa bercakap-cakap sendiri. Mereka begitu asyik dengan dunia mereka. Bila melihat hal yang seperti itu, apa yang harus kita lakukan?

1. Hindari melarang dan menghentikan imajinasi anak

Jangan matikan imajinasi anak dengan melarang mereka bermain atau memarahinya bila sudah mulai ngobrol sendiri, namun arahkanlah imajinasi mereka supaya anak tidak kehilangan kemampuan berkreasi mereka. Bagimana caranya?

2. Menjadi pendengar yang baik dan aktif

Maksud dari pendengar yang baik di sini adalah dengan memberikan tanggapan yang positif kepada sang anak. Mungkin satu saat anak didik kita akan mengajak kita masuk ke dunia mereka, misalnya dengan bertanya,”Pak Guru… Pesawatnya keren… Pilotnya jago lho…. Bisa nyetir pesawat sampai tinggi… sekali.” Jangan menanggapinya dengan nada negatif misalnya dengan berkata,”Ah masa…. Nggak percaya…“. Namun tanggapilah dengan positif, misalnya dengan berkata,”Selain jago nyetir pesawat, baik hati juga nggak?” Atau pertanyaan-pertanyaan lain yang kadang terdengar basa-basi, namun bagi anak-anak hal itu sangatlah serius dan berarti. Bagaimana agar imajinasi anak bisa selalu positif?

3. Merangsang Anak Untuk Berimajinasi Yang Positif

Ya… Rangsanglah anak didik kita untuk bisa berimajinasi yang positif. Sehingga tanpa memberi batasan, sang anak sadar akan sendirinya mana dunia yang nyata dan mana yang khayalan. Dalam hal ini, keaktifan pendidik memang sangat penting. Tidak hanya menjadi pendengar namun juga menjadi penanya yang aktif. Misalnya dengan sering bertanya dalam hal-hal yang kecil. Misalnya, “Hari ini Mama masak apa? Kemarin jalan-jalan kemana?” Dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana tersebut, maka anak didik kita tidak hanya berlatih merangkai kata (melatih kemampuan vocabulary), namun juga daya imajinasinya. Bagaimana mengatasi imajinasi yang berlebihan?

Rangsang imajinasi anak ke arah positif dengan lagu anak sebelum tidur. Seperti lagu anak karya kak Zepe di bawah ini:

 

4. Permainan Yang mendidik

Salah satu permainan yang baik dan edukatif bagi anak adalah menyusun balok. Karena dengan menyusun balok anak bisa belajar banyak hal. Misalnya warna, bentuk-bentuk bangun, dan menciptakan sesuatu, sehingga anak bisa berimajinasi secara bebas dan luas, tanpa ada batasan. Alangkah lebih baik bila permainan ini dilakukan secara berkelompok. Mengapa?

5. Pentingnya Bersosialisasi

Dengan bermain secara berkelompok, maka mereka tidak membiasakan diri untuk sibuk pada dunia mereka sendiri. Namun kecerdasan sosial mereka pun akan terlatih. Hal ini juga akan sangat baik untuk perkembangan mereka, terutama agar bisa mengendalikan imajinasi mereka dan tetap pandai bersosialisasi. Sebagai pendidik, kita perlu mengamati perkembangan setiap anak-anak didik kita. Bila ada anak didik kita yang gemar berimajinasi apalagi gemar melamun sendiri, kita perlu lebih aktif dalam mengatasinya. Kita ajak mereka untuk bersosialisasi, misalnya dengan cara mengajak ngobrol mereka. Bila kita sudah memiliki kedekatan yang baik kepada anak yang suka sibuk di dunianya sendiri tersebut, maka kita bisa mengajaknya untuk bermain bersama teman-temannya.Kegiatan bersama bisa dilakukan dalam pembelajaran secara berkelompok maupun kegiatan-kegiatan di luar kelas.

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 1 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 1

Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.