Kebiasaan Di Kelas Untuk Membangun Ketrampilan Berkomunikasi Dan Berinteraksi

KakZepe.COm – Kemampuan anak dalam mengemukakan pendapat perlu dilatih sejak dini. Anak yang aktif dalam kritis dan terampil dalam berpendapat biasanya akan mampu berkembang lebih pesat daripada anak yang kurang aktif. Sebagai pendidik, kita tentu memiliki banyak kesempatan untuk membentuk anak menjadi pribadi yang aktif dalam berpendapat. Bagaimana caranya?

1. Mengadakan metode diskusi dalam kelompok dalam pempelajaran

Dengan metode berdiskusi dalam kelompok, anak-anak akan memiliki kesempatan mengemukakan pendapatnya dalam kelompok kecil. Bila anak terlatih mengemukakan pendapat dalam kelompok kecil, maka ia tidak akan kesulitan atau malu saat memiliki kesempatan mengemukakan pendapat dalam kelompok besar atau di forum yang besar.

2. Berusaha untuk aktif dan komunikatif

Tidak ada komunikasi tanpa ada yang mengawali pembicaraan. Tidak ada pembicaraan penting yang akan dibicarakan bila tidak terbiasa membicarakan hal-hal yang sederhana. Kita perlu lebih aktif mengajak anak berbicara, meskipun yang dibicarakan adalah hal-hal yang tidak penting. Akan lebih baik lagi bila kita menggunakan kalimat yang lengkap dan deskriptif dalam menanggapi pertanyaan anak. Jangan menggunakan kalimat yang terlalu singkat dan terkesan bermalas-masalan. Hal ini akan mempengaruhi kenyamanan anak dalam berkomunikasi.

 

Kumpulan Craft dan Lagu PAUD Edukatif Sabagai Bahan Mengajar

 

3. Membangun kedekatan dengan anak didik

Kedekatan pendidik dengan anak didik perlu dibangun. Kita bisa membangunnya dengan rutin mengajak anak didik berkomunikasi, baik dalam suasana belajar mengajar, maupun dalam suasana santai atau di luar kegiatan belajar mengajar. Aktivitas menyenangkan lain yang sangat disarankan adalah mendongengkan anak, membacakan buku kepada anak, atau bernyanyi bersama anak. Selain menyenangkan, aktivitas ini akan memacu anak untuk berbicara lebih aktif dan meningkatkan kepercayaan diri anak.

4. Hargailah anak saat berpendapat dengan serius mendengarkan

Bagaimana mungkin anak-anak bisa aktif mengemukakan pendapatnya apabila Anda kurang memilki kemauan untuk mendengarkan segala keluhan, ocehan, dan basa-basi mereka. Setidak pentingnya yang dikemukakan anak, kita perlu sabar dan setia dalam mendengarkan setiap pembicaraan yang diungkapkan oleh anak. Maka berikanlah ekspresi yang terbaik saat anak mulai bercerita. Pasang senyuman atau tawa yang ringan. Reaksi yang kita pancarkan akan mempengaruhi kepercayaan diri anak. Bila kita sudah menanggapi secara negatif, maka anak cenderung akan menarik diri. Namun bila kita menanggapinya secara positif maka anak pun akan merasa nyaman dan akan menceritakan banyak hal.

5. Memahami permasalahan anak

Karena suatu permasalahan yang berat, anak-anak akan cenderung lebih banyak diam. Jangan biarkan anak dalam keadaan stres dalam jangka waktu yang lama. Sebagai pendidik kita perlu peka dalam hal ini. Biasanya stress yang terjadi pada anak disebabkan oleh beberapa hal, misalnya kesulitan dalam belajar, masalah di dalam keluarga, masalah dalam pergaulan, dan lainnya. Bila perlu, kita mengajak orang tua berkomunikasi secara aktif dengan kita. Sehingga permasalahan anak cepat ditemukan dan cepat dalam melakukan penanganan. Penanganan semakin cepat, akan memberikan dampak yang lebih baik pada anak.

Variasi metode pembelajaran juga sangat penting. Karena hal ini akan mengusir rasa bosan anak dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Bila anak merasa nyaman dan tertarik dengan materi pembelajaran, tentu anak-anak akan cenderung lebih aktif dalam berpendapat. Karena mereka merasa nyaman dengan ilmu pengetahuan yang mereka terima, sehingga akan mempengaruhi semangat mereka dalam beropini.

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 1 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 1

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 2 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 2

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe (disusun Tematis) dengan klik KOLAK KAK ZEPE TEMATIK

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.