Kebiasaan Guru Untuk Mengembangkan Karakter Anak

KakZepe.Com – Setiap orang pernah berbuat salah. Dan dari kesalahan itu, kita akan mampu belajar menjadi manusia yang lebih baik. Begitu pula bagi seorang anak. Anak-anak adalah pribadi yang sangat mudah untuk berbuat salah. Walaupun sudah dinasihati berkali-kali pun, anak-anak sering melakukan kesalahan yang sama. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan anak sebenarnya bisa dicegah, salah satu caranya adalah memperkaya mereka dengan nilai-nilai positif. Sebagai pendidik, kita perlu tahu akan hal ini.

1. Menjadi teladan yang baik

Agar anak-anak juga dengan tulus melaksanakan apa yang kita ajarkan, maka seorang pendidik juga perlu memberikan contoh yang baik dalam perbuatan. Keseimbangan antara perkataan dan perbuatan seorang pendidik perlu dijaga agar kepercayaan anak didik kepada gurunya tetap terjaga.

2. Memuji Anak dengan Tulus Saat Melakukan Kebaikan

Pendidik perlu memberikan penghargaan kepada anak berupa pujian saat mereka melakukan hal-hal yang baik, selain agar mereka terus termotivasi untuk berbuat kebaikan, anak-anak juga akan semakin belajar untuk bisa menilai setiap orang dari sisi baik seseorang, tidak hanya keburukannya.

Tips Mengembangkan Kecerdasan dan Karakter Anak Di Sekolah

3. Lakukan Aktivitas Mendongeng Tentang Tokoh-tokoh yang Baik Hati

Di tengah tontonan-tontonan TV yang kurang ramah anak, kehadiran dongeng bernilai moral sebagai salah satu aktivitas yang dilakukan di sekolah bisa menjadi angin segar bagi sisi rohani anak. Dongeng-dongeng ini juga bisa bercerita tentang tokoh agama, tokoh teladan perdamaian, tokoh teladan kebaikan maupun tokoh berpreastasi.

4. Bernyanyi Lagu Bernilai Pendidikan Karakter

Lagu-lagu dewasa kian digandrungi anak, biasanya lagu-lagu tersebut kurang mendidik. Alangkah lebih baik bila guru juga mengajarkan lagu-lagu yang menilai pendidikan moral atau akhlak. Lagu-lagu ini juga bisa berupa lagu-lagu religi atau rohani. Lagu bisa dinyanyikan di mana pun dan kapan pun, sehingga proses pembentukan karakter anak bisa terjadi kapan pun dan dimana pun.

5. Mengajar dan Mendidik dengan Cinta

Cinta bisa mengubah segalanya. Ini tidak hanya berlaku bagi kehidupan orang muda. Anak-anak pun bila merasakan kasih sayang yang berasal dari gurunya, maka ia akan lebih mudah untuk diubah. Guru yang mengajar dengan cinta, akan lebih didengar dan diperhatikan kata-katanya daripada guru yang mengajar hanya untuk menunaikan tugasnya saja.

6. Tekun Melakukan Evaluasi di Akhir Pelajaran

Selain bisa menjadi ajang untuk menyelesaikan masalah yang terjadi antar siswa, aktivitas ini juga bisa menjadi kesempatan bagi guru untuk memberikan nilai-nilai positif melalui nasihat-nasihat. Misalnya, guru menemukan ada siswa yang masih pemalu. Guru bisa memberikan nasihat motivasi tentang pentingnya kepercayaan diri bagi diri seorang anak dan bagi keberhasilan mereka, tanpa perlu menyebutkan nama anak didiknya.

7. Pilih Seorang Anak Sebagai Ikon Suatu Kebaikan Secara Rutin

Setiap anak tentu punya sisi positif yang menonjol. Ada anak yang bisa menyelesaikan tugasnya dengan cepat, namun kurang teliti. Ada yang terkesan lama dalam mengerjakan tugasnya, namun pekerjaan yang dihasilkan lebih indah atau lebih baik dari teman lainnya. Ambil sisi positifnya, dan beri penghargaan kepada mereka sesuai dengan sisi positif mereka.

Semoga dengan makin banyak nilai-nilai positif yang kita berikan kepada anak-anak, anak-anak pun bisa memandang segala sesuatu secara positif. Bisa menghadapi setiap permasalahan dengan pikiran yang positif maupun bisa melihat pribadi setiap orang dari sisi positifnya.

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 1 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 1

Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.