Kiat Mengajarkan Lagu Anak Agar Anak Saat Mengajar

KakZepe.Com – Lagu anak banyak manfaatnya. Selain bisa dipakai sebagai media mentrasfer ilmu, lagu anak juga bisa mengubah suasana hati anak. Anak-anak yang tadinya kurang semangat, menjadi lebih bersemangat saat mereka diajak bernyanyi lagu anak. Namun akan lebih baik bila kita bisa memilih lagu anak yang sesuai dan cocok untuk diajarkan pada siswa PAUD. Apa saja itu?

1. Pilih lagu sesuai tema pembelajaran

Saya sangat menyarankan agar pendidik PAUD memilih lagu yang sesuai dengan tema pembelajaran. Misalnya, bila minggu ini siswa belajar materi pembelajaran dengan tema diri sendiri, kita harus memilih lagu-lagu yang sesuai dengan tema tersebut. Misalnya lagu anak berjudul “Aku Percaya Diri” karya Kak Zepe atau lagu anak berjudul “Kepala Pundak Lutut Kaki”. Dengan mengajak anak-anak bernyanyi lagu-lagu anak yang sesuai dengan tema pembelajaran di sekolah, maka anak-anak pun akan semakin terbantu dalam memahami dan mengingat materi pembelajaran yang sedang mereka pelajari. Beberpa buku paket sudah menyisipkan lagu anak sebagai media “apresepsi” di setiap tema pembelajaran. Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan bagi sekolah anda saat memilih buku paket yang akan dipakai untuk anak-anak didik anda. Bagaimana pun keberadaan lagu anak dalam kegiatan pembelajaran sangat besar manfaatnya.

2. Dalam kegiatan pembelajaran perlu memilih lagu yang sederhana

Bila kita hendak mengajarkan lagu anak dalam sebuah kegiatan pembelajaran, kita tidak boleh memilih lagu yang terlalu sulit. Lagu-lagu yang kita ajarkan
dalam kegiatan pembelajaran haruslah lagu-lagu yang sederhana atau sudah dikuasai oleh siswa. Bila lagu yang kita ajarkan terlalu sulit, nanti waktu kita bisa habis untuk mengajarkan lagu tersebut. Lagu-lagu baru atau lagu-lagu yang sulit bisa kita ajarkan di luar kegiatan pemebelajaran. Misalnya pada saat sebelum kelas dimulai, saat istirahat, dan lainnya. Selain itu, bila ada lagu baru, kita perlu memperdengarkan lagu tersebut di luar jam pelajaran sekolah. Hal ini akan mempermudah siswa agar dapat menguasai lagu tersebut dengan lebih mudah dan cepat. Lagu-lagu baru atau lagu-lagu yang sulit juga bisa kita ajarkan pada saat pelajaran seni musik.

3. Ciptakan tarian dan gerakan

Anak-anak adalah pribadi yang aktif. Mereka gemar bergerak melakukan banyak hal seakan tidak punya rasa lelah. Sangat disarankan agar pendidik PAUD mengajarkan gerakan-gerakan dari setiap lagu. Anak-anak sangat suka lagu-lagu yang bisa dinyanyikan sambil bergerak. Hal ini akan sangat berguna bagi siswa, terutama untuk menyalurkan energi anak-anak yang sangat besar. Lagu-lagu dengan gerakan bisa dipakai sebagai media “ice breaking”, yang bisa menyemangati siswa atau mengubah mood siswa yang kurang baik menjadi bersemangat.

4. Dengan iringan musik

Agar siswa dapat belajar bernyanyi dengan tempo yang tepat, kita bisa mengajak siswa bernyanyi sambil diiringi musik. Iringan musik dalam format MP3 bisa kita didapatkan lewat youtube, dengan kata kunci “Karaoke”, “iringan”, atau “minus one”, dan diikuti dengan judul lagu yang kita minta. Memang tidak semua lagu ada di youtube. Bila kita tidak bisa menemukan iringan dalam bentuk MP3, maka kita bisa mengajak siswa bernyanyi dengan iringan keyboard, gitar, tamborin, atau bertepuk tangan bersama dengan guru.

5. Variasi tempo dan volume suara

Saat saya mengajak anak-anak didik saya bernyanyi, ada kalanya saya menemukan beberapa anak didik saya lupa dengan lirik lagunya. Maka setiap kita mengajak siswa bernyanyi, akan lebih baik bila kita memulainya dengan tempo yang lambat. Hal ini akan membantu siswa yang belum hafal lirik dan nada lagu yang kita ajarakn. Setelah itu, kita ajak mereka bernyanyi dengan tempo yang lebih cepat dan volume suara yang lebih keras.

Semangat mengajar sambil bernyanyi!

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 1 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 1

Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.