Mengajarkan Anak Pentingnya Mudah Memaafkan

KakZepe.Com – Kita terlahir dengan pribadi yang berbeda-beda. Tidak ada manusia yang sama, baik dari ciri fisik maupun sifat-sifatnya. Itulah mengapa yang namanya berselisih paham seharusnya kita anggap sebagai hal yang biasa. Saya pribadi terkadang merasa prihatin bila menjumpai dua anak didik saya yang berselisih paham, namun sangat sulit saling memaafkan. Bahkan terkadang mereka malah mengungkit-ungkit kesalahan di masa lalu. Agar anak-anak menjadi pribadi yang ringan dalam meaafkan, kita perlu memberikan pengertian kepada mereka tentang beberapa hal seperti di bawah ini. Apa saja itu?

1. Melakukan kesalahan itu wajar

Jelaskan kepada anak bahwa berbuat kesalahan adalah hal yang wajar. Namun hal yang lebih penting dan perlu diperhatikan adalah bahwa setiap orang perlu belajar dari kesalahan. Dari kesalahan itulah setiap orang menjadi tau mana hal yang baik dan mana yang tidak baik. Hal yang baik perlu dipertahankan, sedangkan hal yang tidak baik, perlu ditinggalkan. Sehingga setiap orang akan semakin menjadi manusia yang lebih baik.

2. Setiap orang punya kelemahan

Ada orang yang penyabar, ada orang yang mudah terpancing emosinya. Ada orang yang tidak banyak bicara, namun ada orang yang banyak bicara. Ada orang yang banyak bergerak, dan ada orang yang terlihat tenang. Manusia tidak ada yang sama dan tidak ada yang sempurna. Hal itulah yang perlu dipahami oleh anak-anak didik, sehingga mereka bisa belajar untuk saling menerima satu sama lain. Ajarkan kepada anak-anak bahwa kita semua bersaudara, tanpa memandang kelemahan dan kelebihan. Semua harus belajar saling menerima satu sama lain. Bila ada seorang yang memiliki kelemahan, jangan sampai hal ini menghambat suatu hubungan pertemanan, apalagi saat salah satu teman melakukan kesalahan karena suatu kelemahan yang dimiliki.

3. Meminta maaf adalah hal yang mulia

Meminta maaf adalah suatu perilaku yang tidak hanya mulia, namun harus dijiwai dengan semangat kerendahan hati. Untuk mengajarkan hal ini kepada anak-anak memang tidak mudah. Kita bisa memberikan nasihat kepada anak-anak dalam bentuk cerita atau dongeng, akan pentingnya sifat mau minta maaf. Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah keteladanan dari seorang pendidik sendiri. Saat kita melakukan kesalahan, sekecil apa pun, jangan ragu dan malu mengatakan maaf kepada anak-anak didik. Hal ini akan sangat berguna agar anak-anak tidak berpikir bahwa kata maaf adalah sesuatu yang terlalu berat untuk diucapkan. Namun bisa diucapkan dalam situasi apa pun dan bukan hanya pada saat suatu permasalahan atau perselisihan terjadi.

4. Setiap orang perlu belajar menjadi pribadi yang lebih baik

Kadang anak-anak saling mengingat atau mengungkit kesalahan satu sama lain, sehingga proses maaf-maafan menjadi tidak mudah. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa memberikan nasihat kepada anak, bahwa setiap orang pasti akan menjadi pribadi yang lebih baik. Meskipun kesalahan dilakukan berulang-ulang, dan mungkin kesalahan yang dilakukan adalah kesalahan yang sama. Berikan pengertian kepada anak pula, bahwa manusia yang baik pasti mudah memaafkan orang yang bersalah, tanpa mengingat kesalahan-kesalahan yang telah lalu. Agar kita bisa tulus memaafkan juga butuh belajar.

Hidup dalam suasana damai dan penuh rasa kekeluargaan tentu menjadi impian banyak orang. Dan suasana kekeluargaan dan damai harus dimulai dari pribadi setiap orang. Setiap orang harus menciptakan suasana damai dimulai dari diri sendiri. Dan suasana damai dalam hati tidak akan bisa dicapai bila kita menyimpan dendam kepada orang lain. Tanamkan hal ini kepada anak-anak didik, sehingga mereka semakin paham akan pentingnya sikap mudah dan tulus memaafkan.

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 1 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 1

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 2 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 2

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe (disusun Tematis) dengan klik KOLAK KAK ZEPE TEMATIK

Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.