Menumbuhkan Sifat Empati Pada Anak Usia Dini

KakZepe.Com – Anak-anak yang periang identik dengan anak-anak yang suka tersenyum, tertawa, dan lincah. Anak-anak seperti ini biasanya juga sangat aktif berbicara dan terlihat supel. Ia juga memiliki banyak teman. Bagi orang-orang dewasa, anak-anak seperti ini sangat menggemaskan.

Anak-anak Periang dan kebiasaannya

Salah satu hal yang perlu diajarkan kepada anak-anak periang adalah sikap empati. Sikap empati adalah suatu sikap peduli kepada sesama dan ikut merasakan apa yang dirasakan orang lain. Anak-anak periang biasanya sangat lemah dalam hal ini. Karena ia terlalu sibuk mengekspresikan dirinya dan keceriaannya, anak-anak periang biasanya kurang peka akan perasaan teman lain. Meskipun ada teman yang sedang bersedih, ia kurang menyadarinya.

Jelaskan perlunya sikap empati

Bila Anda memiliki seorang anak yang periang, alangkah lebih baik bagi Anda bila sekali waktu Anda mengajak buah hati Ada berbicara dari hati ke hati. Katakan pada anak bahwa tidak semua orang merasakan apa yang anak rasakan.Saat ada teman yang sedang sedih, sebaiknya ia tidak malah tertawa terbahak-bahak, atau malah sibuk bercanda dengan temannya. Ajarkan kepada anak agar ia harus pandai dalam menempatakan diri.

 

Ciri Anak Ber-EQ Tinggi, Dan Cara Mendidiknya


Mengajarkan sifat empati

Salah satu contoh adalah saat Anda mengajak buah hati Anda menghadiri suatu upcara pemakaman. Akan lebih baik, sebelum Anda dan keluarga sampai ke tempat pemakaman, Anda bisa menasihati sang buah hati agar tidak sibuk bermain dan berlari-lari, apalagi berteriak dengan suara keras di tempat pemakaman. Jelaskan alasannya dengan baik dan penuh kasih sayang.

Sifat empati dalam berteman

Bila ada kesempatan, jelaskan kepada anak bahwa suasana hati setiap orang bisa beruba-ubah. Terkadang orang akan merasa gembira, terkadang orang akan merasa bersedih. Pada saat bersedih, orang lain perlu dihibur. Agar bisa menjadi teman yang baik dan bisa menghibur dengan baik, seorang sahabat yang baik harus belajar menunjukkan sikap peduli kepada teman yang bersedih. Sikap pertama yang perlu dilakukan adalah ikut berdiam dan mengontrol diri, sehingga ia bisa menghibur, minimal dengan memberikan senyuman yang termanis dan dengan hati yang tulus.

Cara melatih sikap empati

Sifat empati bisa dilatih dengan berbagai cara, misalnya dengan mengunjungi panti-panti sosial, mengajak anak mengunjungi saudara yang sedang berduka, memberikan kesempatan kepada anak untuk memberikan sedekah secara langsung kepada orang yang membutuhkaan, dan contoh yang lain. Selain itu, sikap empati juga bisa ditunjukkan dengan merawat tanaman, menjaga kebersihan, menjaga kerapian barang-barang di rumah, dan contoh lainnya. Bagaimana pun kebersihan dan kenyamanan di rumah perlu dijaga demi kepentingan orang lain juga. Agar setiap orang merasa nyaman tinggal di rumah.


DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 1 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 1

Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.