Tips Menjadi Guru Masa Kini, Yang Disayang Dan Disegani

KakZepe.Com – Kemampuan pendidik dalam membangun komunikasi dengan anak didiknya sangat menentukan keberhasilannya dalam mendidik anak. Mengapa? Karena pendidik yang aktif dan komunikatif sangat mempengaruhi kemampuan pendidik dalam mengelola kelas. Bayangkan saja bila saat kegiatan belajar mengajar anak-anak malah ngobrol sendiri, bermain sendiri, dan kurang memperhatikan pengajaran, tentu saja hal ini akan sangat mempengaruhi kualitis ilmu dan pengetahuan yang diterima anak-anak didik. Agar kita mampu belajar menjadi pendidik yang aktif-komunikatif, tentu kita harus paham benar bagaiaman karakter atau ciri-cirinya. Apa saja itu?

1. Memiliki semangat yang tinggi

Semangat yang tinggi terlihat dari gairah hidup yang tinggi. Kata-kata yang ia keluarkan adalah kata-kata yang positif dan membangun. Ia pandai menyusun kata, sehingga kata-kata yang memiliki pesan negatif pun menjadi kata-kata yang positif bahkan motivatif. Hanya orang-orang yang bersemangat yang mampu membangkitkan semangat. Hal ini sangat penting dimiliki oleh seorang pendidik.

2. Memiliki daya Tarik untuk didengarkan dan disegani

Ia mampu mengontrol diri sehingga bisa membawa diri agar dapat memberikan kesan yang baik kepada setiap orang. Ia juga pribadi yang ramah dan baik hati, sehingga banyak orang merasa segan dan bisa menerima dia apa adanya, sehingga apa pun yang ia katakan akan lebih didengarkan oleh anak-anak didik.

3. Memandang permasalahan secara positif

Ia tidak suka berpikiran negatif, baik dalam memandang karakter orang lain, maupun dalam menghadapi setiap permasalahan. Ia mampu mengolah setiap permasalahan menjadi sesuatu yang berguna dan bahan pembelajaran di masa depan.

4. Pandai membawa diri

Ketrampilan daalam membawa diri sangat diperlukan. Seorang pendidik harus fleksibel. Ia memiliki pemahamanan yang tidak kaku, namun mampu menyesuaikan diri dengan berbagai situasi dan zaman, sehingga jalan keluar yang ia berikan dalam segala persoalan adalah sesuatu yang up to date (tidak kuno) dan bisa diterima oleh banyak orang.

5. Berprinsip bahwa bekerja adalah berkarya

Ada perbedaan yang tipis antara bekerja dan berkarya. Orang yang bekerja biasanya bermotivasi untuk mendapatkan upah, sedangkan orang yang berkarya adalah orang yang bermotivasi untuk membuat suatu karya atau melakukan sesuatu yang berguna bagi orang lain.

6. Adaptif dan kolaburatif

Ia memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan orang lain, dengan berbagai karakter yang berbeda. Dengan kemampuannya ini, ia bisa bekerjasama dengan siapa pun. Bagaimana pun, melakukan pekerjaan dalam suatu tim sangat diperlukan demi keefektifan dalam bekerja.

7. Menjaga kulitas

Ia selalu menjaga kualitas dalam bekerja, sehingga dalam mengajar pun ia akan melakukan perisapan yang baik.Segala urusan administrasi guru pun akan ia selesaikan dengan kualitas yang baik (tidak asal-asalan).

8. Menjadi diri sendiri

Ia lebih suka menjadi diri sendiri dalam berkata dan berbuat. Sehingga ia terlihat fasih dalam berbicara dan bertingkah laku, tidak terlihat seperti dibuat-buat maupun terlihat sok-sokan. Hal ini dikarenakan ia memang memiliki kualitas diri dan karakter yang baik.

 

Kumpulan Craft dan Lagu PAUD Edukatif Sabagai Bahan Mengajar

 

Bagaimana pun, tiada gading yang tak retak. Tiada manusia yang sempurna. Tiada pendidik yang tanpa kekuranga, termasuk diri kita sendiri. Namun dari kesadaran inilah kita akan semakin memiliki kerinduan untuk menjadi pendidik yang lebih baik. Bagaimana caranya? Yaitu dengan belajar. Semoga kita tidak pernah lelah menjadi pendidik yang mau terus belajar hingga akhir hayat kita.

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 1 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 1

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 2 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 2

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe (disusun Tematis) dengan klik KOLAK KAK ZEPE TEMATIK

Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.