Menanamkan Rasa Cinta Tanah Air Pada Anak Dengan Lagu Anak

Salam cinta lagu anak para pendidik, adik adik, dan peserta didik di seluruh Indonesia.
Tanpa jasa dan perjuangan  para pahlawan tentu kita mungkin masih berada di dalam kekuasaan penjajah. Tentu saja, sebagai generasi muda kita wajib mensyukuri nikmatnya alam kemerdekaan. Untuk itulah di dalam pembelajaran anak usia dini, anak anak perlu mengenal pembelajaran bertema cinta tanah air.

Rasa Cinta Tanah Air perlu ditanamkan kepada anak sejak usia dini r sebagai generasi penerus bangsa dapat mewujudkan sikap dan tingkah laku yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat dan menghindari penyimpangan-penyimpangan sosial yang dapat merusak norma-norma dan nilai-nilai kebudayaan Indonesia karena peyimpangan-penyimpangan bukan hanya merugikan diri sendiri tapi juga dapat merugikan masyarakat bahkan negara, serta mampu menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan dan norma-normanya.

Banyak pula kegiatan  yang biasa dilakukan di sekolah sekolah bertujuan untuk memupuk rasa cinta tanah air dan bangsa, misalnya kegiatan  memperingati hari besar nasional dengan kegiatan lomba atau pentas budaya, mengenalkan aneka kebudayaan bangsa secara sederhana dengan menunjukkan miniatur candi dan menceritakannya, gambar rumah dan pakaian adat, mengenakan pakaian adat pada hari Kartini, serta mengunjungi museum terdekat, mengenal para pahlawan melalui bercerita atau bermain peran. Bisa juga diintegrasikan dalam tema lain melalui pembiasaan sikap dan perilaku, misalnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, menyayangi sesama penganut agama, menyanyangi sesama dan makhluk Tuhan yang lain, tenggang rasa dan menghormati orang lain. Menciptakan kedamaian bangsa adalah juga perwujudan rasa cinta tanah air.

Pembelajaran bertema cinta tanah air juga merupakan  salah satu cara agar generasi muda semakin menyadari akan pentingnya rasa persatuan. Karena tanpa adanya persatuan, bangsa Indonesia mungkin sudah jatuh dalam kekuasaan penjajah. Karena kekayaan aneka budaya, agama, ras yang ada di Indonesia bisa menjadi kekuatan, namun juga bisa menjadi faktor pemecah persatuan dan kesatuan bangsa.  Kehendak bangsa untuk bersatu dalam wadah negara kesatuan Republik Indonesia merupakan sarat utama dalam mewujudkan nasionalisme nasional. Dengan demikian, tidak pada tempatnya untuk mempersoalkan perbedaan suku, agama, ras, budaya dan golongan. Kehendak untuk bersatu sebagai suatu bangsa memiliki konsekuensi siap mengorbankan kepentingan pribadi demi menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Tanpa adanya pengorbanan, mustahil persatuan dan kesatuan dapat terwujud. Malah sebaliknya akan dapat menimbulkan perpecahan. Inilah yang telah dibuktikan bangsa Indonesia dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Cara lain untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan rasa persatuan adalah dengan  menyanyikan lagu kebangsaan maupun lagu anak yang bertema cinta tanah air. Salah satu lagu anak karya Kak Zepe yang bisa menjadi media pembelajaran bertema cinta tanah air adalah lagu anak berjudul SEBANYAK BINTANG DI LANGIT. Di dalam lagu ini terdapat lirik SEBANYAK BINTANG DI LANGIT dan SEINDAH WARNA PELANGI menunjukkan kepada anak Indonesia bahwa Indonesia memiliki banyak perbedaan suku, agama, ras, namun sebagai warga negara Indonesia kita harus memandang semua sebagai keindahan dan kekayaan. Lagu ini sangat cocok dinyanyikan pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia.

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 1 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 1

DOWNLOAD GRATIS Album Lagu Anak Karya Kak Zepe vol 2 dengan klik KOLAK KAK ZEPE 2

Tulis Komentar, Pesan, dan Kesan Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.